Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam, Kukuhkan Wisaldi Jamal Dt. Bangso Dirajo sebagai Penghulu Suku Mandailing


PARIAMAN, - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam yang juga Wali Kota Pariaman mengukuhkan H. St. Wisaldi Jamal Dt. Bangso Dirajo sebagai Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu (02/10/2022). 

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan saluak dan keris dari kaum suku mandailing sebagai penghulu suku mandailing Nagari Pasa.

" Tugas kita sebagai penghulu suku adalah bagaimana mengajarkan adat istiadat kepada kemenakan kita. Kalau adat istiadat tidak diajarkan lagi maka akan hilang. Tetapi ternyata, sudah beberapa keturunan adat istiadat minang yang mungkin sudah 10 kali keturunan tetap turun temurun," kata Genius Umar

“Artinya penghulu suku, niniak mamak dan datuak-datuak kita mengajarkan adat istiadat ini kepada generasi berikutnya, demikian juga bundo kanduang yang juga mengajarkan kepada kaumnya tentang adat istiadat kebundo kanduangan, inilah yang harus dijaga sampai sekarang," tambah Genius yang sehari-hari Wali Kota Pariaman tersebut.

Lebih lanjut, ia juga sampaikan bahwa LKAAM Kota Pariaman hanya menganyomi semua KAN yang ada, KAN bergerak secara otonom begitupun kaum. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.