Wali Kota Pariaman Bersama Istri Hadiri Serasehan Nasional Istri Wali Kota se Indonesia di Kota Jambi



JAMBI,--Untuk pertama kalinya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), menggelar Sarasehan Nasional Istri Walikota se-Indonesia, dan bekerjasama dengan INMARK COMMUNICATION, juga menyelenggarakan pameran perdana “Perempuan Indonesia EXPO 2022”, yang dihelat di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Jum’at (25/11/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh, Irjen Kementerian Dalam Negeri, Komjen Tomsi Tohir Balaw, dan dihadiri langsung oleh Ketua APEKSI, yang merupakan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wali Kota Jambi sekaligus Dewan Pengawas APEKSI, Syarif Fasha, dan juga Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Komjen Tohir dalam sambutannya mengatakan, sarasehan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dan diharapkan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, yang bertujuan, untuk mempersiapkan para istri walikota, dalam mendukung tugas suami, dan meningkatkan partisipasi masyarakat, berdasarkan situasi dan kondisi kearifan lokal.

“Ini adalah sarasehan yang pertama yang diinisiasi oleh APEKSI, dan kami berharap serta mendoakan, agar kegiatan berikutnya, dapat berjalan dengan baik dengan program-program yang semakin terasa kebermanfaatanya bagi para istri walikota dan masyarakat di daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua APEKSI, Bima Arya mengungkapkan, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini, diharapkan membekali para istri petinggi kota di seluruh Indonesia, agar dapat membantu pekerjaan para suami, dalam menjalankan tugas negara, yang diembankan dipundak mereka.

“Kegiatan ini bukan hanya acaranya saja, tetapi juga wadahnya, dan ini bukan sekedar mendukung pekerjaan suami saja, tapi juga untuk kepentingan kota, dan bangsa. Akan ada banyak hal yang dapat dilakukan dan diubah, apabila istri walikota saling bersinergi dan berkolaborasi,” tukasnya.

Sedangkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, bahwa peran para istri Wali Kota, tidak hanya mendampingi suami saja, tapi juga mempunyai peranan yang lebih besar didaerah masing-masing, salah satunya sebagai motor pembangunan, khususnya pembangunan keluarga, ucapnya.

“Para istri wali kota, memegang peranan yang penting dalam pembangunan di daerahnya, karena mereka juga memegang jabatan-jabatan sebagai Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Bunda Literasi, Ketua Kanker dan banyak jabatan lain, yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, Genius menuturkan, bahwa acara ini, bukan hanya untuk membangun silaturahmi saja, tetapi juga saling bertukar informasi, program dan saling memperkuat kegiatan dan aksi di masing-masing kota, ulasnya.

“Istri wali kota juga berperan dalam menjaga ketahanan keluarga dan membangkitkan peran serta masyarakat, baik terhadap masalah yang ada di keluarga, ekonomi, kesehatan, stunting, Covid-19 dan masalah yang ada lainya, dan hal ini telah kami lakukan di Kota Pariaman,” tutupnya.

Istri Wali Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, yang turut hadir dalam acara yang digelar dari tanggal 23 sampai 25 November 2022 ini, mengatakan bahwa dengan digelarnya sarasehan ini, dirinya dapat menambah pengetahuan dan wawasan secara global, dan bagaimana sebagai perempuan, dirinya berperan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta dapat memperbaiki taraf hidup keluarga, terangnya.

“Kota Pariaman menjadikan PKK sebagai salah satu misinya dalam RPJMD, karena itu, kami di Kota Pariaman, memberdayakan perempuan dalam berbagai kegiatan yang ada di tiap OPD, sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidup dan ketahanan keluarga,” pungkasnya.

Lulusan Doktor di UNP ini berharap, kiranya dirinya bisa berbuat banyak kedepannya, baik dalam mendukung peran suami menjalankan pemerintahan di daerah, maupun peran strategis dalam mendorong dan mensupport upaya percepatan program pembangunan yang ada di Kota Pariaman.

“Kami yakin dengan kekuatan para istri melalui sarasehan ini, akan dapat menciptakan terobosan baru yang dibuat oleh para istri para wali kota di Indonesia, dalam mencapai tujuan tersebut, dimana saat pandemi Covid-19, kami melihat UMKM dapat terus hidup dan menjadi tulang punggung perekonomian,” katanya.

Ny. Lucyanel Genius menyatakan, kegiatan Sarasehan Istri Walikota se Indonesia ini, dapat menjadi ajang promosi bagi produk-produk unggulan UMKM yang ada, dan ajang belajar untuk meningkatkan kualitas produk daerah masing-masing, ulasnya.

“Selain Sarasehan, disini juga diselenggarakan Perempuan Indonesia Expo, dimana diharapkan dapat menjadi pagelaran tahunan dengan tema khusus perempuan. Perempuan Indonesia Expo 2022, juga menjadi ajang promosi budaya, produk UMKM, kuliner nusantara, dan produk-produk inovasi dan teknologi terbaru yang mendukung pembangunan smart city & urban development, sehingga akan menjadi barometer bagi kemajuan produk UMKM yang akan tampil untuk pemasaran di Kawasan Indonesia,” tuturnya mengakhiri. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.