BERUBAH

 

BERUBAH adalah suatu peralihan yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup baik secara disengaja maupun tidak disengaja. 

Banyak orang mengatakan bahwa berubah tidak serta merta dilakukan dengan cepat tetapi membutuhkan proses yang begitu panjang serta waktu yang lama. 

Berubah dalam skala cepat bisa saja terjadi tetapi hal itu tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perubahan yang ada tentu akan tidak bertahan lama. 

Contoh dari perubahan yang paling signifikan terjadi adalah karakter atau sikap seseorang. Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda dari setiap individu nya, karena hal ini bisa saja membuat manusia itu dibenci atau disayangi oleh orang lain. 

Dari karakter atau sikap seseorang tersebut biasanya orang lain akan memandang diri kita,  baik atau buruk akhlak kita menurut penulis adalah hal yang paling utama dinilai oleh orang lain. 

Sehebat apapun diri kita, apabila akhlak kita tidak sesuai dengan apa yang orang lain canangkan, makanya kita bisa dibenci oleh semua orang. 

Apapun yang kita miliki, misalnya kita kaya, miskin dan lain sebagainya apabila akhlak kita tidak baik, maka kita akan senantiasa mendapat sanksi sosial dari masyarakat. 

Hal tersebut sangat wajar dalam kehidupan karena hidup butuh penilaian dari orang lain dan hidup adalah ajang untuk memperbaiki akhlak kita dengan belajar. 

Kita bisa belajar dari perubahan akhlak tersebut bahwa setiap orang bisa saja mengalami perubahan yang signifikan terhadap dirinya.  

Perubahan tersebut bisa dilakukan melalui proses belajar baik secara tersirat maupun tersurat.  Banyak hal dalam kehidupan yang tidak semua orang tahu bahwa perubahan itu harus bisa dilakukan oleh setiap orang. 

Orang tidak sadar bahwa apa yang dilakukan setiap harinya adalah sebuah kesalahan. Kesalahan yang notabene diciptakan tersebut harus diperbaiki. 

Dari kesalahan itu biasanya seseorang bisa belajar. Banyak orang tidak belajar dari kesalahan dan terus mengulang apa yang mereka lakukan. 

Misalnya sekarang dia adalah seorang yang suka berkelahi, besoknya dia masih melakukan hal tersebut. Hal seperti ini sangat dibutuhkan proses untuk pendewasaan bagi diri kita dengan cara berubah. 

Cara yang paling mudah adalah sadar akan kesalahan bagi diri kita dan memikirkan solusi yang akan kita buat di masa depan. 

Berubah tidak serta merta mudah dilakukan oleh setiap individu, tetapi kita harus percaya bahwa setiap individu bisa berubah dalam kurun waktu yang bisa saja cepat maupun lama. 

Niat dari pribadi seseorang ingin berubah sangat diperlukan karena setiap perubahan tentu akan mendapatkan hasil setelah melalui proses yang panjang. 

Orang banyak menyangka bahwa, setiap perubahan datang dari hidayah atau anugrah dari tuhan misalnya tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan itu datang dari dalam diri kita melalui niat yang baik untuk menyadarkan diri kita. 

Banyak orang mengatakan bahwa kalau sudah karakter bagi diri seseorang sangat sulit untuk berubah. Hal ini adalah asumsi yang kurang tepat karena misalnya saja ada orang yang sudah memiliki karakter berteman dengan lawan jenis dengan sesuka hati, padahal ada juga orang yang perasaan nya harus dijaga. 

Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa orang seperti ini adalah salah satu contoh orang yang tidak memiliki niat untuk berubah. 

Hal itu terus terjadi berulang kali dan menyebabkan orang lain sakit hati dengan apa yang dia lakukan. Membuat dirinya tidak memikirkan apa yang dirasakan oleh orang yang memiliki perasaan kepada dia. 

Contoh tersebut dapat kita analisis bahwa karakter seseorang bisa dirubah tetapi sulit untuk dilakukan. Butuh kejadian besar yang menimpa diri orang tersebut baru bisa menyebabkan dia berubah, kejadian yang seakan-akan membuat dia trauma untuk sementara.

Baru dia memikirkan jalan keluar yang cocok untuk dirinya, hal ini adalah salah satu cara untuk dirinya berubah agar tetap bisa menjadi lebih baik di masa depan. 

Kejadian yang besar tersebut secara tidak langsung akan merubah pola pikir dari orang itu. Trauma yang dihasilkan bisa saja membuahkan hasil yang baik bagi diri dia. 

Untuk itu, berubah itu tergantung dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain. Ketika ada niat yang baik, semua akan berubah baik itu dari segi sikap, karir, dan lainnya. 

Setiap orang akan ada masa titik terendah bagi dirinya. Dari titik terendah tersebut orang-orang akan belajar dari kesalahan untuk melakukan perubahan. Tidak ada yang abadi di dunia ini, ketika kita mau berubah semua akan terasa baik-baik saja. 

Tentang Penulis

Penulis Adalah Abdul Jamil Al Rasyid  Lahir Di Padang Pariaman, Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas, Anggota Lembaga Mahasiswa Jurusan(Lmj) Sastra Minangkabau.

Penulis Pernah Menerbitkan Tulisan Di Berbagai Media 34 Provinsi Indonesia, Penulis Sekarang Berdomisili Di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Santri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Nurul Ikhlas  Patamuan Tandikek

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.