Perkuat Jajaran, Bawaslu Padang Pariaman Bimtek Panwascam, Anton Wira Tanjung Didaulat Jadi Nara Sumber

 

PARIAMAN,-Untuk memperkuat jajaran pengawas pemilu di tingkat kecamatan, Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman terus memberikan pembinaan kepada jajarannya, Rabu (14/12/2022) ini digelar Bimbingan Teknis, di aula Hotel Nan Tongga Pariaman.

Bimtek tersebut dibuka langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq. Dalam arahannya Anton meminta jajaran Panwascam untuk selalu siap melakukan pengawasan pemilu di wilayahnya. Pahami undang-undang pemilu baik itu Perbawaslu maupun PKPU

" Kemudian kepada Panwascam saya iingatkan untuk selalu berkomitmen dengan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan. Setiap melakukan pengawasan jajaran Panwascam diwajibkan membuat membuat laporan hasil pengawasan Form-A. Kemudian hasil pengawasan harus selalu di dokumentasikan," ulasnya.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman juga meminta jajaran Panwascam untuk selalu menjalin koordinasi dengan stake holder yang ada di kecamatan. Baik itu Camat, Kapolsek, Danramil, Wali Nagari dan tokoh-tokoh masyarakat



Pada kesempatan itu Anton Ishaq juga juga meminta jajaran Panwascam untuk mempersiapkan diri bersama jajaran jelang rekrutmen Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) dalam waktu dekat akan segera dilakukan rekrutmen pada 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.

" Untuk seleksi PKD tidak akan dilakukan ujian tertulis bagi pendaftar yang memenuhi syarat hanya akan dilakukan tes wawancara oleh Komisioner Panwascam, " ulasnya.

Sedangkan Anton Wira Tanjung yang diundang khusus untuk memberikan materi sebagai nara sumber pada Bimtek tersebut mengangkat tema " Branding Pengawas Pemilu Memperkuat Kinerja".  Menurutnya, Pengawas Pemilu harus menunjukan jati diri sebagai pengawas pemilu.

" Ingat seorang  Pengawas Pemilu jangan malu-malu dan jangan maandok-andok atau ngumpat-ngumpat. Pengawas pemilu harus tegas dan percaya diri, dan terpenting harus memahami undang-undang," ulasnya.

Perlu diingat, sebut Anton Wira Tanjung,  Branding bertujuan memperkuat jajaran Panwascam dalam melakukan pengawasan. Artinya dengan adanya Panwaslu orang akan mengurungkan niatnya melakukan pelanggaran pemilu.

Anton yang juga pernah menjadi Koordinator Sekretariat Bawaslu Padang Pariaman tersebut juga mengingatkan, Panwascam untuk selalu bersinergi dengan kepala Sekretariat kecamatan. Pahami tupoksi masing-masing.

Juga tampil sebagai nara sumber Dosen Hukum Tata Negara Universitas Muhammadiyah Sumbar Khairul Anwar pada kesempatan tersebut mengupas sistem pemilu di Indonesia.

Menurutnya, secara hirarkis pemilu diawasi oleh Bawaslu, namun pada hakikatnya diawasi oleh seluruh rakyat Indonesia. Makanya dari itu Pengawasan Pemilu partisipatif perlu terus digerakan. (Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.