Bawaslu Kota Pariaman Gelar Rakor Penguatan Pemahaman Kepemiluan Bersama 40 Orang Disabilitas



PARIAMAN --Ketua Bawaslu Kota Pariaman membuka rapat koordinasi fasilitasi penguatan pemahaman kepemiluan bersama sebanyak 40 orang disabilitas di Kota Pariaman, di Caffe & Soap Pauh Pariaman, Jum'at (3/3/2023).


Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan mengatakan melakukan semacam rapat koordinasi dan sosialisasi atau penguatan kepada kaum disabilitas yang ada di kota Pariaman masih  ada semacam keraguan kesetaraan hak dan kewajibannya dalam proses pemilu ini  sehingga kita melakukan rapat koordinasi terkait fasilitasi pengetahuan terkait pemilu  tahun 2024 nanti.


"Ada beberaa hal yang kita tekankan kepada komunitas disabilitas ini  pertama dalam proses pendataan karena  status  disabilitas nya harus  dicantumkan dalam data pemilih sehingga beliau nantinya bisa difasilitasi ketika melakukan atau menggunakan hak pilihnya,"kata Riswan.


" Kemudian yang kedua juga kita sampai dalam uu no 7 bahwasanya  ada kesetaraan antar kaum disabilitas dengan masyarakat normal biasanya baik sebagai pemilih sebagai peserta maupun sebagai penyelenggara  kalau  kita lihat dibeberapa tempat itu  sudah ada yang terjadi  baik sebagai peserta maupun penyelenggara  sudah ada dari kaum disabilitas,"ujar ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan.


"Ia menambahkan dalam kesempatan ini  itu yang kita perkuat pengetahuan kepada komunitas kaum disabilitas ini Itu pentingnya ketika dilakukan pendataan kaum disabilitas ini  harus mencantumkan apa disabilitas yang dia idap sehingga nanti  kalau data tersebut ada di KPU nanti  saat pemungutan suara terkait fasilitasi  akan nanti apakah kondisi TPS nya kemudian surat suaranya nanti  termasuk  hal lain nya sehingga kaum disabilitas ini  bisa terfasilitasi dengan baik.


Wakil Ketua Yayasan Nasional Paralympic Comitte (NPC) Kota Pariaman Syahrial mengatakan Jadi  kekhawatiran itu memang ada yang gak di ikutkan,  tetapi setelah ikut sosialisasi ini  kami  yakin semua pasti ikut di dalam pemilu tahun 2024 nanti . Kalau  pendataan oleh partalih  kerumah masing-masing sudah  ada.


Harapan kami sebagai kaum disabilitas adanya sarana dan prasarana yang bisa memfasilitasi kami  dan kami  terbantu  dalam penyelenggaraan pemilu tersebut


" Kami  mengharapkan para disabilitas yang bernaung dalam bendera kami adanya keikutsertaan dan berpartisipasi lah  istilahnya didalam seperti adanya nanti bisa mewujudkan UUD no 5 tahun 2017,  Adanya kesetaraan antara disabilitas dengan masyarakat umum atau normalnya dalam hal dipilih maupun memilih,"ujar Syahrial.


Insyaallah seperti yang sudah  diwakilkan oleh salah satu dari kami  yang di kabupaten tanah  datar mangkanya kami  berharap di kota Pariaman ini  ada mengikuti jejak beliau salah  satu nya ada yg ikut dalam calon anggota dewan DPRD. (Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.