37 Dasawisma Berprestasi Di Kabupaten Padang Pariaman Terima 166 Paket Kolam Fiber

 


NANSABARIS - Sebanyak 37 Dasawisma berprestasi di 7 (tujuh) Nagari di Kabupaten Padang Pariaman menerima 166 paket bantuan program sinersitas antara PKK Padang Pariaman dengan Dinas Perikanan.


Bantuan diterima dalam bentuk 166 unit kolam fiber, 41.500 ekor benih ikan lele dan 830kg pakan ikan lele. Diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat melaunching kegiatan tersebut bertempat di Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris pada Kamis, (25/05).

Suhatri Bur dalam sambutannya mengungkapkan, pemberian bantuan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan keluarga serta pemenuhan protein keluarga yang bersumber dari ikan. Dengan demikian ia berharap, selain untuk dikonsumsi, penerima bantuan dapat memanfaatkan budidaya ikan lele dijual setelah 3 s/d 4 bulan.

"Hasil penjualannya disisihkan untuk pembelian benih pada periode budidaya berikutnya. Semoga bisa dimanfaatkan selama kondisinya baik, artinya setelah panen maka diharapkan kolam fiber ini diisi kembali dengan benih lele sampai pada periode budidaya berikutnya," sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Perikanan yang telah memberi bantuan kolam fiber lengkap dengan benih dan pakannya.

Ia juga menyebutkan, program PKK tidak hanya sekedar lomba dan gotong royong. Namun lebih dalam lagi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kelompok dasawisma dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah yang kosong.

"Kita ingin menularkan kepada keluarga keluarga untuk mampu memenuhi kebutuhan keluarga sendiri, dengan menanam berbagai kebutuhan pokok keluarga seperti sayur mayur, cabe, tomat, terong dan lain lainnya termasuk nantinya memelihara ikan, ayam dan lainnya. Jangan ada lahan pekarangan rumah yang kosong mari manfaatkan  semaksimal mungkin," ajaknya.  

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam dalam laporannya mengungkapkan, kolaborasi Dinas Perikanan dan PKK Padang Pariaman telah berlangsung selama 2 (dua) tahun. Tahun sebelumnya bantuan serupa diberikan dalam bentuk terpal, namun tahun ini diberikan dalam bentuk kolam fiber. 

"Pada tahun kemarin kita berikan kolam terpal, tahun ini, mencoba dengan bentuk kolam fiber mengingat kolam terpal memiliki masa umur lebih singkat dan kolam fiber memilik masa lebih panjang," tutupnya.

Adapun 37 Nagari yang menerima paket bantuan tersebut adalah, 31 Dasawisma di Nagari Padang Bintungan, Nagari Lubuk Pandan, Nagari Sintuk, Nagari Balah Hilia, Nagari Balah Aia, Nagari Gunung Padang Alai, dan Nagari Sikucur.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Zainil, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Pengurus PKK Padang Pariaman, Camat, Wali Nagari, dan Kelompok Dasawisma berprestasi se-Kabupaten Padang Pariaman. (Tim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.