Kota Pariaman Kembali Terima Penghargaan Kota Layak Anak Dari Kementrian PPPA Tahun 2023 Ini Untuk Peringkat Nindya


PARIAMAN-Pemerintah Kota Pariaman sangat berkomitmen untuk pemenuhan terhadap hak anak, karena kalangan anak-anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan ber­kembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya.


Komitmen ini yang  kembali menghantarkan Kota Pariaman meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), berupa penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya, bertempat di Hotel Asmad Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu malam  (22/07/2023).


Penghargaan ini diterima oleh Walikota Pariaman, Genius Umar yang  diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada acara Malam Penganugerahaan KLA tahun 2023, dimana Pada tahun ini merupakan penghargaan KLA yang ke 8 (delapan) kalinya diterima oleh Pemko Pariaman. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta Bupati dan Walikota penerima penghargaan.


"Atas upaya dan komitmen yang kita bangun bersama, Alhamdulillah, ta­hun ini, Pemerintahan Kota Pariaman kembali menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan yang diraih tahun inipun naik kelas menjadi tingkat Nindya. Artinya ada peningkatan dari ta­hun-tahun sebelumnya, dimana kita hanya meraih penghargaan tingkat Madya, dan penghargaan KLA ini, merupakan yang kedelapan yang Kota Pariaman terima," ujar Genius Umar yang didampingi sang istri Ny. Lucyanel Genius.


Orang nomor satu di Kota Pariaman ini mengatakan, bahwa Penghargaan KLA tingkat Nindya tahun ini, membuktikan bahwa terjadi peningkatan penguatan seluruh stakeholder yang ada di Kota Pariaman dalam hal pemenuhan hak dan melindungi anak-anak, ucapnya.


"Kita selalu berkomitmen dalam memenuhi seluruh hak anak di Kota Pariaman, hal ini terlihat dalam menyusun program pembangunan dan kegiatan, yang ada di setiap OPD. Mulai dari proses perencanaan dan pelaksana berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak, dan mereka diundang dan terlibat dalam setiap perencanaan tersebut. Konsep itu menjadi acuan bagi Pemko Pariaman dalam menjalankan pembangunan," ungkapnya.


Genius berharap, dengan upaya yang telah  dilakukan selama ini, dapat menjadikan Kota Pariaman sebagai daerah yang ramah terhadap anak, sehingga akan lahir generasi-generasi tangguh dan unggul yang akan menjadi generasi penerus, dan dapat bersaing dengan anak-anak lainya yang ada di seluruh Indonesia.


“Kami mengucapkan terimakasih kepada OPD dan unsur terkait yang telah berjuang selama ini, dan penghargaan ini, kami jadikan sebagai pemicu dalam meningkatkan kinerja Pemko Pariaman untuk pembangunan di segi kelayakan bagi anak, dan selanjutnya kita akan berupaya untuk dapat mendapatkan KLA tingkat Utama," tuturnya.


Kedepan, Genius menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kita, serta selalu memperhatikan fasilitas dan infrastruktur yang ramah anak, sehingga anak-anak Kota Pariaman, menjadi anak-anak yang sehat dan genius, terangnya mengakhiri.


Sementara itu Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan apresiasi setinggi-tinggintya kepada penerima Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, yang tahun ini terjadi peningkatan kepada daerah penerima penghargaan.


"Kementerian PPPA Republik Indonesia, kembali memberikan penghargaan kepada kota layak anak se-Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan setahun sekali untuk memberikan apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang telah berdedikasi tinggi terhadap kesejahteraan anak-anak di lingkungan Kabupaten/Kota di Indonesia," tukasnya.


Dirinya juga mengatakan bahwa ada 4 (empat) hak utama anak yaitu hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak mendapatkan perlindungan dan hak partisipasi, dan daerah mesti memfasilitasi hal tersebut, ulasnya


“Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi dalam memberikan hak dan perlindungan khusus anak. KLA ada beberapa kategori, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Nindya, dan kategori Utama,” tutupnya. (Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.