Gandeng MPPKP, Pemi Pariaman Sosialisasikan Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week

PARIAMAN,- Pemerintah Kota Pariaman Gandeng Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) menggelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week di Kota Pariaman. 


Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 Oktober 2023, di Balairung Rumah Dinas Walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.


Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan di Kota Pariaman.


“Berbagai langkah kongkrit telah kita tempuh, termasuk menghimbau masyarakat Kota Pariaman khususnya yang belum bekerja, untuk mendaftar pada program Kartu Prakerja. Tercatat dari Tahun 2020 s.d 2022 terdapat sebanyak 8.034 orang warga kota pariaman sebagai penerima manfaat kartu prakerja,” Kota Pariaman, Kamis (28/9/2023)


Genius menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2022, Kota Pariaman memiliki jumlah penduduk sebesar 96.719 jiwa, dengan jumlah angkatan kerja sebesar 45.774 jiwa. Dari jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 43.398 jiwa telah bekerja/memiliki pekerjaan, dan sisanya 2.376 jiwa adalah penganggur/pencari kerja. Artinya tingkat pengangguran kota pariaman tahun 2022 sebesar 5.31%.


“Sementara pada tahun 2021 tercatat jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 42.079. Dari jumlah Angkatan kerja tersebut, sebanyak 39.668 jiwa telah bekerja/memiliki pekerjaan, dan sisanya 2.411 jiwa adalah penganggur/pencari kerja, dengan tingkat pengangguran kota pariaman tahun 2021 sebesar 5.73%. Artinya terdapat penurunan tingkat pengangguran di Kota Pariaman untuk tahun 2022 sebesar 0.42%,” ungkapnya.


Lebih lanjut Genius mengungkapkan dengan hadirnya Indonesia Skills Week yang digagas oleh Prakerja, diharapkan mampu mendorong dan menginspirasi generasi muda dalam mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja, menciptakan tenaga kerja yang kompeten melalui pengembangan keterampilan, menciptakan peluang lapangan kerja serta mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang nantinya akan mampu mengurangi angka pengangguran di Kota Pariaman.


“Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pencari kerja di Kota Pariaman mengenai program Indonesia Skills Week ini dan memotivasi mereka untuk ikut berpastisipasi dalam Indonesia Skills Week, dengan mengikuti pelatihan online secara gratis, murah dan mudah, untuk peningkatan kompetensi dan daya saing di dunia kerja,” tutupnya.


Kegiatan Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week di Kota Pariaman menghadirkan narasumber Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP), Cahyo Prihadi, Chief of Karier.mu, M. Rangga Septyadi, Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan Moderator oleh Head Pengembangan Ekosistem MPPKP, Andreas Aditya Swasti


Acara ini akan diikuti Kader Ketenagakerjaan Kota Pariaman sebanyak 71 orang, yang tersebar di 71 desa/keluarahan di Kota Pariaman, dan masing-masing kader membawa 3 orang pencari kerja usia produktif (maksimal 35 tahun) yang ada di desa/kelurahan masing-masing, dengan total peserta adalah sebanyak 284 orang.


Sedangkan untuk biaya pelaksanaan kegiatan ini, melalui cost sharing antara APBD (Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kota Pariaman) dengan APBN (Kementerian Koordinasi Bidang Perekomonian Republik Indonesia). (R)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.