Bawaslu Padang Pariaman Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin Saat Memimpin Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, di lapangan TK-SD Model Limpato

PADANG PARIAMAN,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (05/12/2023) menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024. 

Acara ini digelar untuk memastikan kesiapan jajaran Pengawas Pemilu se-Kabupaten Padang Pariaman dalam mencegah serta menindak pelanggaran di tahapan kampanye.

Apel siaga yang dipusatkan di lapangan TK-SD Model Limpato Nagari Limpato Sungai Sarik Kecamatan VII Koto itu  dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama Forkopimda Padang Pariaman diantaranya Kapolres Padang Pariaman AKBP Bagus Ikhwan, Kapolres Pariaman AKBP, Abdul Aziz Dandim 0308 Pariaman, Kejaksaan Negeri Pariaman.

Kemudian juga dihadiri Ketua KPU Padang Pariaman Zainal Abidin, SH, Ketua Forum Wali Nagari Jonifriadi, Pimpinan Partai Politik serta jajaran Panwaslu Kecamatan, Seketariat dan Panwalu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Padang Pariaman.

Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Azwar Mardin menyebutkan, setiap pengawas mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten/kota tanpa terkecuali wajib melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran.

" Kemudian mengoptimalkan pengawasan dan menuangkan seluruh hasil Pengawasan kedalam Laporan Hasil Pengawasan sebagai bukti bahwa seluruh jajaran Pengawas Pemilu telah melaksanakan Fungsi-Fungsi dan Kerja-Kerja Pengawasan," ulas Azwar Mardin


Selain itu, tambahnya,  agar seluruh jajaran Pengawas terus melakukan himbauan kepada masyarakat agar Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dan dapat disukseskan secara Bersama-sama.

" Jadi kegiatan Apel Siaga ini sekaligus sebagai Pemilu yang tidak akan kita nodai dan cederai dengan perilaku money politik atau politik uang. Sekaligus menjadi ruang bagi kita untuk sama-sama meneriakkan penolakan kita pada berita hoax, Politisasi SARA serta politik identitas yang akan merusak serta merobek rajutan dan sulaman indah demokrasi dan persatuan kita sesama anak bangsa," tukuknya.


Pada kesempatan apel siaga ini, ulasnya mewakili jajaran pengawas di Kabupaten Padang Pariaman memohon semua pihak agar mendukung pelaksanaan pemilu mengingat bahwa semua pihak bertanggung jawab atas terselenggaranya pelaksanaan Pemilu 2024 yang, aman, tertib, jujur dan adil.

" Melalui momentum kebersamaan kita ini, penting kami sampaikan, bahwa membangun sinergitas dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan pengawasan Pemilu adalah sebuah keniscayaan. Karena bagi kami, Pemilu selain adalah milik semua warga negara, juga adalah momentum pembuktian bahwa kita sungguh adalah bangsa yang besar dan paham betul cara berdemokrasi yang baik dan beradab," tukuknya.

Azwar Mardin juga meminta kepada jajarannya untuk selalu mempertahankan integritas dan netralitas sebagai penyelenggara pemilu. 

Dia mengingatkan bahwa integritas dan netralitas merupakan kunci keberhasilan dalam melakukan pengawasan pemilu.

"Saya ingatkan kepada seluruh pengawas bahwa integritas dan netralitas adalah kunci keberhasilan kita dalam melakukan pengawasan pemilu," pungkasnya.


Sementara itu Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam arahannya meminta penyelengara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu dapat bekerja maksimal. Sehingga pemilu dapat berjalan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

" Hari ini bukti dukungan pemerintah daerah dalam pemilu 2024 adalah dengan hadirnya lengkap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Hari ini hadir Bupati, Kapolres Pariaman, Kapolres Padang Pariaman, Kejaksaan Negeri, Kesbangpol,Satpol PP, Dinas Perhubungan," ulas Bupati.

Bupati Suhatri Bur juga meminta seluruh penyelenggara pemilu baik itu Panwascam, PKD, PPK dan PPS untuk bisa bekerja profesional. Usahakan tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat dari pemilu-pemilu sebelumnya.


Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan penandatangan deklarasi bersama pengawasan  pemilu 2024 yang dilakukan Bupati, Kapolres Pariaman, Kapolres Padang Pariaman, Dandim 0308, Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman, Ketua Forum Wali Nagari Padang Pariaman Jonifriadi, Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin, bersama Anggota Indra Gunawan dan Irwandi. (WIS)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.