Berkat Kepiawaian Suhatri Bur Lobi Pemerintah Pusat, Pejabat Pusat Kunjungi Langsung Padang Pariaman Pasca Bencana Berikan Bantuan

 

PADANG PARIAMAN – Kabupaten Padangpariaman dilanda bencana banjir dan longsor pada Kamis dan Jumat, 7-8 Maret pekan lalu. Hampir semua kecamatan di Padangpariaman terdampak banjir. 4 orang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Beberapa fasilitas umum juga mengalami rusak berat.


Bencana alam tersebut direspon cepat oleh Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Ia turun ke lokasi bencana memberikan bantuan dan dukungan moril kepada warga yang tertimpa musibah. Tak hanya itu, ia juga berhasil melobi pemerintah pusat untuk mau datang ke Padangpariaman melihat kondisi masyarakat. Tercatat tiga orang menteri atau pejabat setingkat menteri datang berkunjung ke Padangpariaman berturut-turut dalam pekan ini.


Kedatangan mereka tentu saja berkat kepiawaian Suhatri Bur melakukan lobi dan koordinasi dengan pemerintah pusat. Datangnya pemerintah pusat ke Padangpariaman membawa berkah bagi masyarakat Padangpariaman. Pasalnya kedatangan mereka sekaligus memberikan bantuan untuk masyarakat.


Pejabat yang pertama datang ke Padangpariaman yakni Kepala Badan Penanggulan Bencana Nasional (BNPB) Letjen Suharyanto, kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharani dan terakhir Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi. Bahkan calon presiden Anies Baswedan juga datang ke Padangpariaman memberikan bantuan untuk korban banjir pada Sabtu, 16/3.


Kunjungan Kepala BNPB RI Suharyanto menyerahkan bantuan logistik kebencanaan sebesar Rp 250 juta. Kemudian, Menteri Sosial Tri Rismaharani memberikan santunan korban tanah longsor masing-masing sebesar Rp 15 juta. Tri Rismaharani juga merekomendasikan anak korban tanah longsor untuk bekerja di Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang. Juga menyerahkan santunan korban banjir di Pesisir Selatan berkartu tanda penduduk (KTP) Padangpariaman.


Sedangkan Menko PMK Muhadjir Effendi berkunjung ke titik lokasi bencana alam Jembatan Pulau Aia dan Kawasan Perumahan Oman, Korong Sungai Janiah, Nagari Sukucua Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Jum’at sore, 15/3.


Suhatri Bur mengaku bersyukur atas kehadiran para pejabat pemerintah pusat tersebut di Padangpariaman. Diakuinya hal itu berkat lobi dan hubungan baik yang ia jalin selama ini.


“Alhamdulillah ini berkat komunikasi intens dan hubungan baik yang telah kita jalin selama ini dengan pemerintah pusat sehingga mereka berkenan datang ke Padangpariaman dan memberikan bantuan. Kemudian ini juga tidak terlepas dari dukungan dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar,” pungkas Suhatri Bur merendah. (*)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.