Kepala MTsN 2 Pariaman Zalkhairi, Doktor Lulusan ke-336 Pada Program Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang

PADANG,- Kepala MTsN 2 Kota Pariaman Zalkhairi (50) berhak secara akademis menyandang gelar Doktor (DR) dengan meraih predikat nilai sangat memuaskan, merupakan Doktor ke-336 yang dihasilkan dalam sidang terbuka Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Sabtu (16/3/2024).

Zalkhairi ia berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "kultur pendidikan surau dalam kederisasi ulama di Padang Pariaman " dihadapan Tim Penguji dalam ujian promosi doktor.

Putra keenam dari pasangan orang tua almarhum Buyung Surau dengan almarhumah Rohana itu membahas tentang kultur surau dalam kaderisasi ulams di Padang Pariaman, umumnya memiliki kultur yang sama , mulia dari penyerahan mulai mengaji, mengikuti  proses belajar mengaji, melaksanakan penghormatan kaji untuk pengangkatan tuangku maupun kultur setelah pengangkatan tuangku. " tutur suami Asmawati.

Oleh sebab itu, Zalkhairi sedikit perbedaan dalam proses kematangan dan kompetensi sesuai dengan kultur dimana surau tempat belajar mengaji berbeda. Pelestarian kaderisasi ulama yang masih melestarikan kultur ketradisionalan pendidikan surau di Padang Pariaman.

"Yakni dengan kegiatan ngulang kaji dan co pengayaan kitab - kitab yang dipelajari, muzakarah/Bahtsul masail, muhadharah, tadarus, tahsin, Tahfiz Qur'an, ekstrakurikuler ( organisasi, olahraga, pemanfaatan IT, penulisan karya ilmiah, dan lain - lain.

Zalkhairi menambahkan kultur surau yang unik berimplikasi terhadap lainnya kader ulama kekinian yang memiliki kompetensi keilmuan, berkarakter, beradab, berakhlak, rajin ibadah dan tauhidnya terakui, serta mampu menguasai informasi teknologi ( IT).

Zalkhairi dalam Ujian Disertasi ini dihadapan Tim Penguji sebanyak 7 orang terdiri dari Firdaus sebagai Ketua, Muhammad  Zainul sebagai Sekretaris, Sufyarma Marsidin, Ahmad Sabri, Eka Putra Wirman, Duski Samad dan Sarwan.

Dalam ujian Promosi Doktor Zalkhari ini dihadiri Kepala Biro IAIN Kerinci, Kakankemenag  Kab. Padang Pariaman berserta Kasubag TU, Kakankemenag Kota Pariaman berserta Kasubag TU, Kasi Pendis, Kasi Penyelengara Zakat dan Wakaf, Kepala KUA se Kota Pariaman.

Kemudian juga dihadiri Kepala Madrasah se-Kota Pariaman, Kaur TU madrasah se - Kota Pariaman, Majlis Guru dan pegawai baik dari  MAN Kota Pariaman ,maupon Majlis guru dan Pegawai MTsN 2 Kota Pariaman, tokoh Agama  Kab. Padang Pariaman, tokoh pendidik dan praktis pendidikan serta undangan lainnya. 

"Alhamdulillah wasyukurillah kepada Allah, dan terimakasih kesemua pihak yang telah ikut membantu, memfasilitasi, membimbing dengan dukungan atas raihan mengikuti pendidikan Program PPs UIN IB Padang. Kepada Allaah Yang Maha Kuasa kita berdo'a, semoga dia memberikan ridho dan kasihsayangNya untuk kita semua. Aamiin" ucap Dr. H Zalkhari M.Pd. ( Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.