Camat Sungai Limau Drs.Rahmang.MM Berpeluang Menjadi Camat Terbaik Sumatera Barat

Camat Sungai Limau Drs.Rahmang.MM Berpeluang Menjadi Camat Terbaik Sumatera Barat

Rabu, 18 Mei 2016, 09.09.00
Ilustari Kompetensi Camat Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat

Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM--Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan rutin setiap tahun.Tahun 2016 ini penilaian tahap pertamanya telah dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2016 yang lalu bertempat di kantor Gubernur Sumatera Barat. Penilaian ini diikuti oleh Camat terbaik dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Dari Kabupaten Padang Pariaman diwakili Drs. Rahmang, MM, Camat Sungai Limau sebagai Camat Terbaik Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016 sebagaimana ditetapkan dengan SK Bupati Padang Pariaman Nomor 162/KEP/BPP/2016 tentang Penetapan Pemenang Lomba Kompetensi Camat Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016.

Dalam SK Bupati tersebut ditetapkan 3 orang Camat Pemenang Lomba Kompetensi Camat Tahun 2016 yaitu Juara I; Drs.Rahmang, MM (Camat Sungai Limau), Juara II; Drs. Azwarman, MM (Camat Sungai Geringging) dan Juara III; Erman, S.Sos, MM (Camat Batang Anai).

Menurut Kasubag Otonomi Daerah Bagian Pemerintahan Umum, Defry Marta, S.IP yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa penilaian Kompetensi Camat di Kabupaten Padang Pariaman telah dimulai pada awal bulan Maret 2016, tepatnya pada tanggal 7 Maret 2016 dilakukan penilaian tahap pertama berupa tes tertulis dan tes interview.

Tes tertulis untuk menguji wawasan Camat terkait peraturan perundangan sedangkan tes interview untuk mengetahui bagaimana kinerja Camat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Tes interview ini dilakukan oleh Tim Penilaian yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Nomor 32/KEP/BPP/2016 yang terdiri 3 Tim dengan anggota Asisten I, Kepala Bappeda, Kepala BKD, Staf Ahli Bupati, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan Nagari serta Tokoh Masyarakat yang juga merupakan pamong senior Kabupaten Padang Pariaman Drs. Martias Mahyuddin, MM. Sedangkan penilaian tahap kedua dilanjutkan dengan penilaian lapangan yang dilakukan pada tanggal 31 Maret 2016 dan 1 April 2016.

Dari informasi terakhir yang diperoleh, penilaian tahap kedua tingkat Provinsi Sumatera akan dilaksanakan pada tanggal 16-24 Mei 2016 berupa penilaian lapangan. Penilaian tahap kedua ini diikuti oleh 6 orang Camat yang telah berhasil lolos dari seleksi tahap pertama. Adapun 6 orang Camat itu adalah Camat Sangir Balai Janggo (Muslim, S.Pd) dari Kabupaten Solok Selatan, Camat Padang Barat (Drs. Arfian) dari Kota Padang, Camat X Koto (Drs. Herison) Dari Kabupaten Tanah Datar, Camat Bukit Barisan (Drs. Rahmat Hidayat, M.Si) dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Camat Silaut (Syamwil, STTP, MM) dari Kabupaten Pesisir Selatan, dan Camat Sungai Limau (Drs. Rahmang, MM) dari Kabupaten Padang Pariaman.

Secara terpisah, Camat Sungai Limau Rahmang yang kami hubungi mengatakan bahwa dia sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti penilaian ini secara serius karena ini menyangkut nama baik Kabupaten Padang Pariaman.

"Saya mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak supaya dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan membanggakan bagi Kabupaten Padang Pariaman dan khususnya bagi masyarakat Sungai Limau," pintanya menutup pembicaraan.

Penulis : Maysar Ariski, SE, TKIP Bagian PUM
Editor  : Darwisman

TerPopuler