H. Syahril Amiruddin : Qurban adalah latihan agar umat Islam membiasakan diri memperhatikan orang lain.

H. Syahril Amiruddin : Qurban adalah latihan agar umat Islam membiasakan diri memperhatikan orang lain.

Minggu, 11 September 2016, 11.34.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Umat muslim di seluruh Indonesia tanggal 12 September 2016 dari sabang sampai merauke merayakan Idul Adha 1437 H, yang diawal dengan shalat hari raya Idul Adha, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Menurut H.Syahril Amiruddin, melalui qurban diharapkan akan menghilangkan sifat egoistis.Qurban adalah latihan agar umat islam membiasakan diri memperhatikan orang lain, menghilangkan sifat kikir dan pelit, dengan membagi-bagikan sebagian rezeki yang dikaruniakan kepadanya.

" Karena itu qurban tidak cukup dilakukan sekali seumur hidup. Setiap kali kita menjumpai tanggal 10 Dzulhijjah ditambah 3 hari Tasyri’ sedang kita dikaruniai kelapangan rezeki, maka kita laksanakan perintah qurban ini," katanya kepada www.bangunpiaman.com, Minggu 11 September 2016, di Pariaman.

Menurut Syahril Amiruddin, bagi saudara-saudara kita yang diberi kelebihan rezeki kini tengah menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Sementara yang tidak menunaikan ibadah haji  tidak berarti tak bisa menyambut hari besar itu. Idul Adha bukan monopoli mereka yang punya kelebihan uang banyak , tapi idul Adha adalah milik kita semua, yang berharta maupun yang tidak berpunya.

" Setidaknya ada dua kegiatan yang biasa dilakukan disini yaitu shalat Ied dan menyembelih hewan qurban. Kedua acara ini sangat penting bahkan hukumnya adalah sunnah muakkad, sunnah yang mendekati wajib. Bahkan sebagian ulama menyatakan bahwa menyembelih kurban itu hukumnya wajib bagi mereka yang mampu, " sebutnya

Ditambahkan, kenyataanya ternyata masih banyak diantara kaum muslimin yang belum mengerti tentang ibadah qurban ini. Ada yang menyangka bahwa qurban itu cukup dilakukan sekali seumur hidup sebagaimana haji. Karena pemahaman yang tidak tepat ini akhirnya banyak kaum muslimin yang hanya melaksanakan qurban sekali seumur hidupnya, walaupun setiap tahun mereka  mampu melakukannya.

" Padahal bagi mereka yang memahami semangat ajaran islam, utamanya adalah qurban, maka di dalam ibadah ini terdapat nilai-nilai pendidikan yang amat tinggi. Sebenarnya yang dipentingkan  dalam ibadah ini memang  bukan penyembelihannya, tetapi makna di balik penyembelihan itulah yang lebih diutamakan," ucapnya.

Lewat qurban ini kita semua di ajari oleh Allah SWT agar menghilangkan sifat egoistis, kita harus membuang jauh-jauh sifat ini. " Qurban adalah latihan agar umat islam membiasakan diri memperhatikan orang lain, menghilangkan sifat kikir dan pelit, dengan membagi-bagikan sebagian rezeki yang dikaruniakan kepadanya," timpalnya mengakhiri.

DARWISMAN




TerPopuler