Kampus Akademi Komunitas UNP, Segera Berdiri di Sungai Sirah Nagari Pilubang Sungai Limau

Kampus Akademi Komunitas UNP, Segera Berdiri di Sungai Sirah Nagari Pilubang Sungai Limau

Kamis, 01 September 2016, 18.08.00

Sungai Limau, BANGUNPIAMAN.COM---Dirjen Kelembagaan Iptek dan Perguruan Tinggi Kemenristek Patdono Suwignjo, bersama Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman Januar Bakri, Kamis (1/9) pagi,  meletakan batu pertama, tanda dimulainya pembangunan kampus Akademi Komunitas UNP, di Korong Sungai Sirah Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau.

Kampus Akademi Komunitas UNP Padangpariaman akan dibangun dilahan yang dihibahkan alm Hj Umi Kalsum di Korong Sungai Sirah Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau yang nantinya akan membuka bidang studi teknik eletronika dan perhotelan.

Wakil bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, SE.MM dalam  mengatakan, pembangunan kampus akademi komunitas merupakan bentuk dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Padangpariaman memajukan sektor pendidikan.

"Ini bentuk komitmen kita memajukan sektor pendidikan di Padangpariaman, melalui kerjasama dengan seluruh pihak, langkah ini menjadi awal upaya tersebut, namun harus didukung seluruh eleman," kata mantan Ketua KPU Padang Pariaman itu.

Dikatakannya, dipilihnya Nagari Pilubang sebagai lokasi pembangunan kampus tidak terlepas dari keinginan pemerataan pembangunan dan perekonomian diwilayah kabupaten Padangpariaman.

Selain itu, posisi Nagari Pilubang yang terletak dibagian utara kabupaten Padangpariaman serta dekat dengan beberapa kabupaten lain di Sumatera Barat, menjadikan kampus ini nantinya idola bagi tamatan SMA di Sumatera Barat. "Nanti putra terbaik lulusan SMA tidak jauh-jauh lagi untuk kuliah, bagi yang berada kabupaten bagian utara Sumatera Barat akan lebih dekat jika "ngampus" disini," urainya.

Selain pembangunan infrastruktur pendidikan seperti sekolah, kampus dan diklat, sebagai bentuk komitmen Padangpariaman mencapai visi Padangpariaman cerdas, Pemda Padangpariaman bersama Baznas Padangpariaman juga menyalurkan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa seluruh tingkatakan. Langkah itu merupakan upaya peningkatan SDM melalui pendidikan yang dilakukan Pemda Padangpariaman.

“ Pada kesempatan ini kami kami sampaikan juga bahwa Kita juga telah menyediakan lahan seluas 697 hektar untuk pembangunan strategis khususnya sektor pendidikan tinggi seperti  kampus Poli Teknik Negeri Padang, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dan Untuk Rumah Sakit Vertikal, lahan tersebut diberikan tanpa ganti rugi yang berlokasi di dekat kawasan objek wisata Lubuk Bonta, Kepala Hilalang, Kec. 2x11 Kayu Tanam.” tambahnya.

 Sementara itu Tokoh masyarakat nagari Pilubang Tri Suryadi mengatakan, pembangunan kampus tersebut akan memberikan "multi effect" bagi Nagari Pilubang dan kawasan sekitar.

Pembangunan kampus akan merangsang tumbuhnya peluang ekonomi baru di kawasan Nagari Pilubang. Dengan adanya kampus akan diikuti dengan kebutuhan fasilitas penunjang seperti rumah kos-kosan mahasiswa, rumah makan, tokoh ATK dan peluang ekonomi lain.


"Dengan adanya aktivitas dikawasan ini, bakal ada peluang ekonomi yang lahir untuk memenuhi fasilitas penunjang kampus ini. Nanti bakal ada rumah kos-kosan, ada rumah makan, ada toko ATk juga, akan banyak peluang ekonomi," ujarnya.

Tri yang merupakan anggota DPRD Padangpariaman asal Partai Gerindra itu mengusulkan Dirjen DIKTI agar membuka program studi bidang kelautan dan perikanan di kampus akademi komunitas.

"Karena daerah kita adalah daerah pesisir, salah satu potensinya adalah dibidang kemaritiman, tentu kita harapkan agar bidang keahlian bidang kelautan dan perikanan agar diadakan, sehingga putra daerah dan potensi kemaritiman dapat kita kembangkan," ulasnya.

Menganggapi usulan tokoh masyarakat nagari Pilubang agar dibentuknya bidang studi perikanan dan kelautan di kampus tersebut, Dirjen kelembagaan IPTEK dan perguruan tinggi Kemenristek, Patdono Suwignjo mengatakan bahwa pihaknya akam mengkaji usulan tokoh masyarakat itu. Dikatakanya, jika melihat potensi kemaritiman yang ada disepanjang wilayah Padangpariaman, peluang dibentuknya program pendidikan bidang itu bisa saja dilakukan.

 "Tentu harus kami lakukan pengkajian terlebih dahulu, jika dilihat dari demografi Sungai Limau terletak di pesisir tentu peluang itu ada," katanya. Dikatakatannya, keberadaan kampus akademi komunitas nantinya akan memberikan banyak dampak bagi kawasan sekitar, tentunya dapat menampung putra Padangpariaman agar dapat menikmati pendidikan dikampus itu.

Darwisman/Humas

TerPopuler