Antisipasi Rabies Distannakhut Padang Pariaman Lakukan Pengendalian Secara Human Euthanasia.

Sosialisasi Penanggulangan Rabies Kepada Pelajar Sekolah Dasar yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Padang Pariaman ( Fhoto : Riska )
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Antisipasi merebaknya penyakit rabies di Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan selama sepekan ini telah melakukan pengendalian dan penanggulangan penyakit rabies di daerah setempat

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Padang Pariaman Yurisman menyebutkan, pengendalian dilakukan secara HE (human euthanasia) atau membunuh hewan penyebar rabies dengan cara menenangkannya terlebih dahulu sesuai dengan prinsip Kesrawan. "Kegiatan ini menindaklanjuti laporan masyarakat yang diresahkan oleh berkeliarannya anjing liar yang telah menggigit dua ternak kambing milik warga," katanya kemaren.

Untuk itu Yurisman mengharapkan kepada masyarakat, agar mau memvaksin hewan peliharaannya seperti anjing, kucing, monyet, beruk, serta binatang peliharaan lainnya penyebar rabies. Tujuannya, agar penyebaran rabies dapat dikendalikan.

Disamping itu untuk mencegah meluasnya rabies di Kabupaten Padang Pariaman pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada pelajar Sekolah Dasar. Sosialisasi tersebut dilakukan karena banyaknya laporan kasus gigitan hewan peliharaan dengan korban anak-anak usia Sekolah Dasar yang tidak mengetahui bahaya dari gigitan hewan peliharaan tersebut.

Sosialisasi disampaikan oleh tenaga medis dan paramedis UPT Pembibitan dan Keswan Wilayah II dan didukung oleh UPTD Dinas Pendidikan setempat beserta Kepala Sekolah dan Guru kelas.

" Dukungan dari semua pihak ini sesuai harapan Bupati Ali Mukhni yang dipesankan kepada Kepala Dinas Distannakhut bahwa untuk mewujudkan Padang Pariaman bebas rabies dibutuhkan kerjasama yang solid di semua lini terkait," ulasnya menambahkan.

Riska, TKIP Distanakhut




Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.