Wako Mukhlis Rahman : Anak Adalah Aset Masa Depan Bangsa, Namun Rentan Terhadap Kekerasan.

Kota Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM — Anak adalah aset masa depan bangsa dan perintis kemajuan kehidupan bangsa. Meskipun begitu, anak merupakan kelompok yang mudah mengalami kekerasan. Kekerasan terhadap anak dapat terjadi dimana saja, baik di rumah, di sekolah bahkan di dalam komunitas masyarakat.

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 23 tingkat Kota Pariaman dan Longmarch jalankaki dan bersepeda Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual terhadap Anak (GN AKSA), yang memulai start dari pendopo rumah dinas walikota sampai ke kantor Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, minggu 23/10.

Mukhlis Rahman mengatakan, tanggung jawab utama untuk melindungi anak-anak dari pelecehan seksual, ada pada orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus terdidik sebelum mereka mendidik anak-anak mereka. Ajak anak-anak berkomunikasi secara terbuka dan bekali anak-anak dengan beberapa petunjuk dasar untuk melindungi diri, ujarnya.

” Upaya untuk mereduksi dan mencegah jatuhnya korban menjadi tanggung jawab bersama, tak hanya pemerintah, namun juga berbagai elemen masyarakat. Untuk itu mari kita rawat anak kita dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab, utamanya pada anak-anak kita yang berada pada usia emas dari usia 0–6 tahun,” tukasnya.

Kita tumbuhkan keunggulan anak-anak kita dengan asah, asih, dan asuh, agar mereka tumbuh menjadi insan yang cerdas dan berkepribadian luhur, jujur, berakhlak mulia, santun, dan mempunyai etos kerja yang tinggi, tutur Mukhlis.

Pemerintah Kota Pariaman juga telah mengeluarkan kebijakan yang mengarah kepada pendidikan agama sejak dini yakni melalui kegiatan maghrib mengaji, revitalisasi MDA dan TPA serta kegiatan keagamaan yang lainnya, sehingga anak-anak di didik menjadi anak yang cerdas, bertaqwa dan melahirkan generasi yang Qur’ani sebagai benteng bagi anak dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi, tutupnya.

Dalam sambutan Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI bapak Nofrizal, mengapresiasi Pemerintah Kota Pariaman yang telah banyak berprestasi di bidang KB, baik dari pemerintahannya sampai peran Dandimnya. ini dibuktikan banyaknya prestasi Kota Pariaman mulai di tingkat Provinsi Sumbar sampai ke tingkat nasional, ucapnya.

“Kota Pariaman akan kita jadikan rujukan untuk Provinsi lain di indonesia dalam hal program KBnya, dan hal ini akan menjadi nilai tambah keberhasilan pemerintahannya yang sukses merangkul masyarakat dan stake holder lainnya dalam mensukseskan program KB di indonesia,” ungkapnya.

Dalam sambutan Kepala BP2KB Kota Pariaman Definal mengatakan tema Harganas tahun 2016 ini adalah, Hari Keluarga Nasional merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan indonesia sejahtera dengan motto Keluarga Berkarakter, Indonesia Jaya, ulasnya.

Kegiatan Longmarch ini diikuti oleh 600 orang peserta yang berasal dari Forkopimda, SKPD, PKK, GOW, BUMN/BUMD, Komunitas Sepeda, Kepsek, Kepala Desa, PPKBD, PLKB serta siswa SMP dan SMA yang tergabung dalam Forum Anak Kota Pariaman. Dan diakhir acara, panitia memberikan doorprice bagi peserta yang beruntung , dan pemberian hadiah bagi pemenang yang diadakan oleh BP2KB Kota Pariaman.

GN AKSA dilatar belakangi  oleh kian banyaknya kasus-kasus kejahatan seksual terhadap anak. Dalam data kekerasan anak yang telah ditangani oleh P2TP2A Puti Gandoriah Kota Pariaman menyatakan, bahwa sepanjang tahun 2015 telah terjadi 27 kasus kekerasan terhadap anak, terdiri dari kekerasan  fisik sebanyak 3 anak, anak yang berhadapan dengan hukum sebanyak 9 anak, dan yang tertinggi kejahatan seksual terhadap anak sebanyak 15 anak, ungkapnya.

“Untuk data sampai Juni 2016, telah ditangani kasus kekerasan seksual terhadap anak sebanyak 11 anak. Untuk itu mari kita bersama-sama memerangi kejahatan seksual terhadap anak dan melindungi mereka dari kejahatan tersebut,” tutup Definal.

Hadir dalam acara ini Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri, Ketua DPRD Mardison Mahyuddin dan istri, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Endro Nurbantoro dan istri, Sekda Indra Sakti dan istri, Kepala Bank Nagari, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kabag dan Camat serta masyarakat dan pelajar yang mengikuti acara ini. (wis/hms)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.