Wawako Genius Umar : Sanitasi Kebutuhan Dasar Jadi Syarat Utama, Perlu Perhatian Semua Pihak.

Wawako Genius Umar : Sanitasi Kebutuhan Dasar Jadi Syarat Utama, Perlu Perhatian Semua Pihak.

Jumat, 23 Desember 2016, 14.24.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Sanitasi merupakan kebutuhan dasar dan syarat utama, oleh sebab itu sanitasi harus menjadi prioritas utama bagi semua pihak.

" Karena ini kebutuhan dasar itu saya mengimbau kepada kepala desa dan kepala kelurahan di Kota Pariaman beserta stakeholder terkait, agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti sanitasi bagi warga perkotaan, " kata Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, saat membuka acara konsultasi publik dokumen Strategi Sanitasi Kota (SSK) di salah satu hotel di Kota Pariaman, Kamis (22/12).

Acara tersebut turut dihadiri sekaligus narasumber oleh Satuan Kerja PSPL Provinsi sumbar yang diwakili oleh Gandung Wibawadi, Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadli, serta SKPD terkait dan kepala desa/lurah sekota Pariaman.

Sanitasi, sebut Genius Umar,  merupakan kebutuhan dasar dan syarat utama oleh sebabnya sanitasi harus menjadi prioritas utama bagi semua pihak. Sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat. Karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sanitasi seringkali dianggap sebagai urusan “belakang”, sehingga sering terpinggirkan dari urusan-urusan lain. Namun, seiring dengan tuntutan peningkatan standar kualitas hidup masyarakat, semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan dan keterbatasan daya dukung lingkungan itu sendiri, menjadikan sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan yang harus diperhatikan," kata mantan Sekretaris Camat Batang Anai, Padang Pariaman itu.

Salah satu cara untuk mengatasi persoalan sanitasi perkotaan dengan Ipal Komunal yang ada di Dinas Pekerjaan Umum. Pihaknya mengaku telah membangun Ipal Komunal di Desa Tungkal. Dimana setiap limbah pembuangan diolah kembali menjadi air bersih agar memiliki manfaat."Sehingga keberadaan limbah yang mengganggu lingkungan memiliki manfaat," ulasnya.

(WIS/REL/HMS)

TerPopuler