Pertama di Padang Pariaman, Camat Enam Lingkung Luncurkan Pelayanan Mobile Terpadu.

Pertama di Padang Pariaman, Camat Enam Lingkung Luncurkan Pelayanan Mobile Terpadu.

Jumat, 24 Februari 2017, 17.41.00
Enam Lingkung, BANGUNPIAMAN.COM---Kecamatan Enam Lingkung luncurkan inovasi pelayanan publik yang diberi nama Pelayanan Mobile Terpadu (PMT) di Korong Ilalang Gadang Nagari Paritmalintang. PMT ini merupakan pelayanan langsung kelapangan terdiri dari pemberian pelayanan, penyuluhan dan pemeriksaan serta pengobatan dimana target sasaran utamanya adalah daerah atau korong - korong yang jauh.

Pelayanan terdiri dari pelayanan administrasi perijinan dan non perijinan dimana masyarakat akan langsung dilayani di lapangan dan tidak perlu harus pergi jauh berurusan ke kantor nagari dan kantor camat. Penyuluhan diberikan pada saat pelayanan dilaksanakan dimana akan ada petugas yang terdiri dari  Polsek, KUA,
Penyuluh KB dan Puskesmas yang terus menerus secara bergantian memberikan penjelasan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. dan selanjutnya juga di tempat yang sama dilakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Camat Enam Lingkung Rudy Repenaldi Rilis, SSTP, MM menerangkan bahwa Pelayanan Mobil Terpadu ini merupakan pelayanan yang langsung kelapangan yang dilakukan oleh 6 (enam) instansi berbeda berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, selain itu di lapangan kita juga akan menemui petugas yang selalu menyampaikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan, kebersihan, pembangunan keluarga sejahtera, kamtibmas dan keagamaan sembari memberikan pemeriksaan dan pengobatan bagi masyarakat yang membutuhkan.Petugas Sedang Melakukan Pelayanan

"Saya berharap pelayanan Mobile Terpadu ini akan dapat memberikan solusi masyarakat Korong Ilalang Gadang dan juga korong yang lainnya dalam hal biaya transportasi dan waktu yang diperlukan untuk memperoleh dokumen yang di butuhkan" kata Rudy Repenaldi Rilis yang langsung turun melaksanakan pelayanan lapangan.


Menurut pria jebolan STPDN tersebut, pembenahan kualitas pelayanan sudah harus terus dilakukan, karena pelayanan yang baik merupakan hak yang harus di berikan kepada masyarakat. " Selain Pelayanan Mobile Terpadu ini Kecamatan Enam Lingkung akan terus berbenah meningkatkan Pelayanan di kantor camat, selain pelayanan yang basis kepada standar yang ada.

Untuk itu Kecamatan Enam Lingkung juga membuka seluas-luasnya akses masyarakat untuk bisa berkomunikasi dengan petugas pelayanan melalui Kotak pengaduan, layanan SMS Pengaduan, Media sosial (Facebook) dan website Kecamatan Enam Lingkung.

"Dengan adanya feed back dari masyarakat tersebut akan menjadi bahan kami untuk peningkatan dan pembenahan terhadap layanan yang kami berikan" tambah Rudy R Rilis

Pada saat yang bersamaan Tim Pedang Saber (Petugas Datang Semua Administrasi Beres) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil juga bergabung untuk melakukan pelayanan di Korong Ilalang Gadang.

M. Fadhly S, AP, MM Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman memberikan apresiasi kepada Camat Enam Lingkung yang meluncurkan program Pelayanan Mobile Terpadu dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat yang terpencil. "Dengan adanya kolaborasi yang baik ini akan sangat membantu masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu jauh dan lama untuk berurusan dokumen dan perizinan,"katanya

Walinagari Paritmalintang Syamsuardi,  mengucapkan terima kasih atas pelayanan mobile terpadu yang digagas Camat Enam Lingkung, karena sangat membantu masyarakat Ilalang Gadang dalam berurusan dan selain itu penyuluhan yang diberikan sangat bermanfaat untuk pencerahan kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan dan Kamtibmas.

"Saya  berharap program ini dapat terus dilakukan secara berkala kalau perlu ditingkatkan berkolaborasi dengan dinas instansi yang lain" tambah Walinagari yang sangat peduli terhadap warganya itu.(wis)

sumber :www.enamlingkung.kabpadangpariaman.go.id

TerPopuler