Monumen Tugu Gempa Lubuak Laweh Tandikek Utara, Terbengkalai dan Kurang Terawat

Monumen Tugu Gempa Lubuak Laweh Tandikek Utara, Terbengkalai dan Kurang Terawat

Kamis, 23 Maret 2017, 13.19.00
Inilah Monumen Gempa 30 September 2009 yang dibangun Pemerintah

Patamuan, BANGUNPIAMAN.COM---Masih ingatkah anda pada gempa tanggal 30 September 2009 yang lalu. Bagi masyarakat kabupaten Padang Pariaman ini adalah gempa yang paling dasyat. Karena akibat gempa yang disertai longsor tersebut telah mengakibatkan ribuan rumah hancur dan ratusan orang hilang tertimbun longsor.

Prasasti nama-nama korban gempa yang hilang tertimbun longsoran akibat gempa 30 September 2009

Untuk mengenang gempa dasyat 30 September 2009 yang lalu. Pemerintah pun telah membangun monumen dilokasi bencana. Namun, sayangnya dari pantauan www.bangunpiaman.com, Kamis (23/3/2017), di Lubuak Laweh Nagari Tandikek Utara, Kecamatan Patamuan. Monumen yang dibangun tersebut kurang terawat dan pembangunannya juga tidak tuntas dilaksanakan alias masih terbengkalai.
Patung korban gempa 30 September 2009

Menurut Walikorong Lubuaklaweh Jajaran Ismael,  jika pembangunan monumen ini dapat dituntaskan  disertai dengan adanya dana perawatan dari pemerintah tentunya monumen ini akan bisa dikembangkan menjadi kawasan objek wisata religi bersjejarah yang bisa "dijual" kepada wisatawan.

"Pada lokasi monumen tunggu gempa ini, kita akan bisa menyaksikan patung dan nama-nama korban gempa yang ditulis dalam prasasti. Tidak itu saja para pengunjung jika sudah sampai pada monumen tugu gempa ini, kita akan bisa menyaksikan keindahan alam di sekitarnya. Kita bisa menyaksikan pesona bedungan batang tampunik yang berair jernih serta indahnya pemandangan gunuang tigo," kata Ismael yang juga merupakan salah seorang korban gempa yang sempat tertimbun longsoran.

Museum Tugu Gempa Masih Terbengkalai, sudah Dikeliling rumput liar, akibat tidak adanya perawatan

Dia sangat berharap pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk dapat menuntaskan pembangunan tugu monumen gempa ini. Sehingga daerahnya akan bisa menjadi salah satu tujuan wisata. " Disamping akan membantu perekonomian masyarakat juga akan dapat menambah pendapatan nagari," tambahnya. (wis)








...

TerPopuler