Wako Muklis Rahman : Penandatanganan MoU Menambah Semangat Pemko Pariaman Kembangan Pariwisata

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Bersalaman Hangat Dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Sekda Propinsi Ali Asmar, Senin (18/09/2017), Usai Penandatanganan MoU dengan Gebernur Sebagai Salah Satu Daerah yang Fokus Mengembangan Wisata di Propinsi Sumatera Barat ( Fhoto : Junaidi/Kominfo Pariaman )
Padang, BANGUNPIAMAN.COM---Kota Pariaman saat kini tengah giat-giatnya memajukan daerahnya sebagai daerah wisata. Untuk itu pembangunan infrastruktur pariwisat terus digenjot. Pemko Pariaman juga terus melakukan pelatihan kepariwisataan kepada masyarakat yang ada di lokasi destinasi wisata.

“Karena dengan berkembangnya sebuah destinasi baru di suatu daerah,  secara tidak langsung akan membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar. Hal ini akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, yang nantinya akan berujung pada pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran,” kata Walikota Pariaman Mukhlis Rahman usai penandatanganan MoU antara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dengan 7 Walikota dan Bupati, Senin sore (18/09/2017)  di Gubernuran Sumbar.

Menurut Mukhlis, diharapkan dengan adanya MoU ini, akan menambah semangat Pemerintah Kota Pariaman, untuk membuat kebijakan dalam pengembangan kawasan destinasi pariwisata di kota wisata Pariaman

“Dengan keterbatasan dana yang ada di pemerintahan Kota Pariaman, melalui MoU ini, kita dapat dana pendampingan dari provinsi, selain program yang ada di Kementerian Pariwisata dengan APBNnya, sehingga akan sangat membantu pemerintah Kota Pariaman,” ulas Mukhlis.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan,  daerah yang telah menandatangani MoU ini akan mendapatkan dana pendampingan dari Provinsi Sumatera Barat sebanyak 40% dari anggaran yang ditetapkan. Selain bantuan dari APBN yang akan diselaraskan dengan program Kementerian Pariwisata RI.

“MoU ini sebagai langkah bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sebagai perpanjangan tangan dari pusat untuk mensinergikan kegiatan di daerah, dengan program yang ada di Kementerian dengan rincian, dari 100% pagu dana, 60%nya ditanggung daerah, dan 40% dari Provinsi Sumatera Barat,” ucap Irwan Prayitno.

Dijelaskannya, pariwisata di Sumatera Barat, telah terbukti dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, dampak yang timbul dari ramainya orang yang berkunjung ke destinasi daerah tersebut.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga ditandatangani MoU dengan Perguruan Tinggi dan Kopertis Wilayah X tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, serta MoU dengan Mercy Corps Indonesia tentang kebencanaan.

Dengan adanya MoU ini, pihak perguruan tinggi dan Mercy Corps Indonesia nantinya akan mendapatkan bantuan dana dari APBN dalam rangka mewujudkan seperti apa yang disepakati dalam nota MoU tersebut. (BP/001)











Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.