Kasubbag Humas Polres Irwan Sikumbang Apresiasi Bhabinkantibmas Sintuak Toboh Gadang Aipda Roy Martin, SH

Kasubbag Humas Polres Irwan Sikumbang Apresiasi Bhabinkantibmas Sintuak Toboh Gadang Aipda Roy Martin, SH

Sabtu, 28 Oktober 2017, 16.20.00
Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman Irwan Sikumbang,  meletakan coran semen pada pemasangan pembatas taman  di  halaman Masjid Raya Nagari Sintuak  disaksikan, ulama, ninik mamak dan tokoh masyarakat Nagari Sintuak usai shalat Jumat (27/10/2017). ( Fhoto : Armaidi Tanjung )


Sintuak, BANGUNPIAMAN.COM--Kepedulian Bhabinkantibmas Sintuak Toboh Baru Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman ini patut diacungkan jempol. Inisiatifnya agar kawasan Masjid Raya Nagari Sintuak menjadi asri, maka dibuatlah taman di lingkungan Masjid

Pembuatan taman tersebut ditandai dengan pemasangan pembatas taman secara simbolis oleh Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman Iptu Irwan Sikumbang, Kapolsek Lubuk Alung AKP Eri, SH, Walinagari Sintuak Anasril Nazar, Ulama Sepuh Padang Pariaman Azwar Tuanku Sidi, ninik mamak dan tokoh masyarakat Nagari Sintuk, usai shalat Jumat 27 Oktober 2017

Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman Irwan Sikumbang menyebutkan, apa yang dilakukan Bhabinkantibmas Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Aipda Roy Martin, SH patut diberikan apresiasi karena mampu melakukan inovasi dan kreatifitas dalam meningkatkan hubungan polisi dengan masyarakat.

“Pembuatan taman ini seminggu lalu sudah dimulai dengan penanaman 100 bibit. Dari 40 orang Bhabinkantibmas yang ada di wilayah Polres Kabupaten Padang Pariaman, Roy Martin mampu menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat di Nagari Sintuak. Baik dengan Walinagari bersama perangkatnya, ulama, ninik mamak, pemuda dan anggota masyarakat. Berbagai masalah kehidupan yang terjadi di Nagari Sintuak, berhasil dimediasi Bhabinkantibmas Roy Martin. Masalah yang dihadapi masyarakat tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, musyawarah dan tidak sampai berlanjut ke pihak penegak hukum di tingkat Polsek,” kata Irwan.


Kapolsek Lubuk Alung Kapolsek Lubuk Alung AKP Eri, SH menambahkan, inovasi yang dilakukan Bhabinkantibmas Sintuak Toboh Baru Kecamatan Sintuak Tob oh Gadang Aipda Roy Martin sejalan dengan apa yang dikumandangkan oleh Kapolri beberapa waktu lalu. Inti dari pesan Kapolri adalah bagaimana polisi dekat dengan masyarakat. Jika  sudah dekat dan terjalin komunikasi yang baik, maka informasi semakin cepat  dari dan ke masyarakat. “Apa pun kejadian dan peristiwa yang terjadi di Nagari Sintuak, silakan sampaikan informasinya. Setiap hari Bhabinkantibmas harus berada di tengah masyarakat.

Bhabinkantibmas Sintuak Toboh Baru Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Aipda Roy Martin mengatakan, pembuatan taman di kawasan Masjid Raya Sintuak dimaksudkan agar lebih nyaman, hijau, tidak gersang dari tanaman, dan menambahkan keindahan kawasan masjid. “Sebelum ide pembuatan taman dilakukan, terlebih dahulu berkonsultasi dengan ulama, ninik mamak dan Walinagari Sintuak. Sehingga pelaksanaan dari pembangunan taman tersebut dapat berjalan lancar,” kata Roy Martin.

Ulama Padang Pariaman Azwar Tuanku Sidi menyebutkan, sosok Bhabinkantibmas  Roy Martin memang mengagumkan bagi masyarakat Nagari Sintuak. Karena Bhabinkantibmas Roy Martin dekat dengan masyarakat, termasuk dekat dengan ulama dan ninik mamak. Ia datang ke surau-surau, masjid dan kegiatan keagamaan lainnya yang ada di Sintuak. “Secara pribadi, Roy Martin beberapa kali datang bertamu ke rumah. Mudah-mudahan dengan kehadiran Bhabinkantibmas Roy Martin di Sintuak, dapat mengangkat nama baik nagari ini,” kata Azwar Tuanku Sidi yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Mukminin Sintuak ini.

Taman yang dibangun ini, kata Azwar Tuanku Sidi, diharapkan mampu menjadi pendingin dari suasana yang gersang sebelumnya. “Nagari Sintuak sendiri termasuk  nagari  yang sudah tua. Bahkan Syekh Burhanuddin ulama terkemuka di daerah Sumatera Barat, dimasa kecilnya berada di Nagari Sintuk,” kata Azwar Tuanku Sidi.(RS/BP-001)


TerPopuler