Wagub Nasrul Abit Launcing Maskot dan Logo Porprov XV Sumbar

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Saat Lounching Logo Porprov XV Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman. Terlihat Bupati Ali Mukhni, Ketua DPRD Faisal Arifin dan Ketua KONI Sumbar ( Fhoto : Humas )

Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM-- Buah kelapa yang sudah lama dikenal sebagai hasil bumi Kabupaten Padang Pariaman didaulat menjadi maskot (bentuk atau benda yang dipakai sebagai tokoh yang mencerminkan semangat sebuah event) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tingkat Sumatera Barat ke XV tahun 2018.

Buah kelapa itu didisain menjadi maskot dan diberi nama Si Kambia. Bersama logo, keduanya dilaunching bersamaan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit disaksikan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Ketua KONI Sumbar, pejabat di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, Forkompinda Padang Pariaman, Kepala Dinas Pemuda Olahraga seluruh Sumbar, pengurus KONI dan pegiat olahraga lainnya di hall IKK Parit Malintang (29/01).

Si Kambia yang diambil dari kelapa hijau yang berseri ini, akhirnya terpilih menjadi maskot ajang olahraga dua tahunan itu, setelah dilakukannya sayembara maskot dan logo Porprov XV tahun 2018 oleh Pemkab Padang Pariaman akhir tahun yang lalu.

Menurut Roby, panggilan akrabnya, Si Kambia yang memakai baju silek itu merupakan gambaran dari sosok yang kuat, layaknya kesatria atau seorang pelindung yang bijaksana. Di sisi lain, Si Kambia dikenal juga memiliki sifat yang ramah, ceria , suka menolong dan bersahabat.
Logo dan Maskot Porprov Sumbar XV di Kabupaten Padang Pariaman
"Gambar Si Kambia diambil dari buah kelapa yang hijau berseri, buah kelapa saalah satu tumbuhan serbaguna yang banyak tumbuh di Padang Pariaman. Dominasi warna yanga ada pada Si Kambia diambil dari  warna logo Kabupaten Padang Pariaman yaitu hijau, hitam, kuning dan merah," jelasnya.

Sedangkan untuk logo dimenangkan oleh Suryadi. Logo yang mempunyai bentuk seperti orang berlari membawa obor tersebut mempunyai makna tersendiri. "Orang berlari menggambarkan bentuk dari usaha dan keseriusan para atlet dalam meraih prestasi. Sedangkan obor bermakna semangat para atlet yang berkobar-kobar. Selain itu juga ada gonjong rumah adat yang bermakna sebagai penyambung tali silaturahim sesama masyarakat Minangkabau," katanya.

Dalam logo juga terdapat gambar buah cokelat pada penulisan tahunnya. "Cokelat merupakan komoditi khas Padang Pariaman yang sedang hit, sedangkan tiga buah lingkaran yang saling bersenggolan membentuk rantai merupakan gambaran dari persatuan yang kompak serta sebagai rantai persatuan yang kuat antar cabang olahraga yang dipertandingkan," ungkapnya.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyatakan persiapan pelaksanaan Porprov sudah mencapai 70%. Waktu tersisa sekitar sepuluh bulan mampu menggenjot sisa 30%. "Kami siap melaksanakan Porprov sumbar ke XV tahun 2018 dengan dukungan semua pihak baik masyarakat Padang Pariaman di ranah, di rantau dan Pemrprov Sumbar beserta seluruh elemen terkait," katanya.

Anggaran sebesar Rp50 miliar telah disiapkan untuk penambahan, perbaikan venue hingga membiayai penyelenggaraan Porprov. "Kita minta agar Pemprov Sumatera Barat melalui bapak Wakil Gubernur menambah dukungan anggaran dari dana provinsi dengan mengaggarkannya pada APBD P Sumatera Barat tahun 2018. HERI

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.