Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Pantau Ketesedian Pangan Serta Bahan Pangan Asal Hewan - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Rabu, 16 Mei 2018

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Pantau Ketesedian Pangan Serta Bahan Pangan Asal Hewan

Kabid. Peternakan dan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Zuswati Safitri bersama drh. Anang Yusuf memeriksa kesehatan kerbau yang akan disemblih untuk kebutuhan ramadhan dan lebaran

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman lakukan pemantauan ketersediaan pangan dan Bahan Pangan Asal Hewan (BPAH) menjelang puasa Ramadhan 1439 H tahun 2018 terhadap beberapa ternak sapi, kambing dan kerbau yang ada di Kota Pariaman, termasuk lokasi-lokasi penjualan daging yang tersebar di Kota Pariaman.

Tim yang diketuai Kabid. Peternakan dan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Zuswati Safitri ini beranggotakan drh. Anang Yusuf dan jajaran dari UPTD Puskeswan Pariaman dan Kasatbinmas Polres Pariaman Iptu. Kasman dan anggota Bhabinkamtibmas Bripka. Novri Andri langsung melakukan survey di tiga titik lokasi peternakan sapi dan kerbau yang berada di Desa Sikapak, Desa Pauh Timur dan Desa Palak Aneh, pada Selasa (15/5).

Dan H-1 jelang Ramadhan, Rabu (16/5) pagi,lakukan Pengawasan langsung terhadap keamanan pangan segar berbahan hewan di sembilan lokasi yang tersebar di Kota Pariaman.

Kabid. Peternakan dan Pangan Zuswati Safitri mengungkapkan tujuan kegiatan ini kami lakukan adalah dalam rangka memberikan rasa aman dan perlindungan untuk konsumen yang ada di Kota Pariaman sehingga setiap konsumen mendapatkan produk pangan hewani yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

" Walaupun ada beberapa komoditi yang fluktuatif  tapi ketersediaan bagi kota Pariaman cukup aman, semoga daya beli tidak terlalu berbeda dengan tahun yang lalu," ungkap Zuswati.

Ia menambahkan, untuk menjaga kualitas daging yang diolah, kata Zuswati, maka harus diperhatikan proses mulai pemotongan, penyimpanan dan pengolahan di mana semua tahapan proses harus meminimalkan adanya kontaminasi dan perkembangbiakan bakteri, hewan yang dipotong pun harus terbebas dari penyakit yang bersifat menular ke manusia.

Makanya, Ia menambahkan kami yang tergabung dalam tim ini secara bersinergi memastikan semua jenis  ketersediaan pangan dan Bahan Pangan Asal Hewan (BPAH) menjelang puasa Ramadhan terjamin aman dikonsumsi.

Pewarta : Harsyi Warsilah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad