Lomba Baju Kuruang Basiba, Warnai Festival Gandoriah 2018

Lomba Baju Kuruang Basiba Warnai Festival Gandoriah 2018. Perlombaan ini betujuan untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau di Kota Pariaman ( Fhoto : Kominfo)
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Pemerintah Kota Pariaman menggelar Lomba Baju Kuruang Basiba dan Taluak Balango di Panggung Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (5/5) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Elfis Candra, yang hadir dalam lomba tersebut mengatakan perlombaan ini betujuan untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau di Kota Pariaman.

"Dewasa ini generasi muda banyak yang tidak mengenal pakaian tradisional daerah Minangkabau, busana yang mereka kenakan terkadang tidak sesuai dengan norma agama dan adat istiadat di Minangkabau," tambah Elfis.


Untuk itu, lanjut Elfis dengan terselenggaranya lomba ini yang dikemas dalam event Festival Pesona Gandoriah 2018, menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda untuk menggalakkan kembali tradisi masyarakat Pariaman dan Minangkabau.

Salah satu juri, Zahirma, mengatakan kriteria penilaian dari dewan juri Lomba "Baju Kuruang Basiba" dan "Taluak Balango" ini adalah yang pertama peserta harus mampu mempertahankan keaslian dari pakai tersebut, kedua keserasian pakaian, dan ketiga keluesan peserta dalam memperagakan pakaian yang dipakainya.

"Baju Kuruang Basiba" merupakan pakaian kaum perempuan di Minangkabau dan merupakan pakaian Bundo Kanduang sebagai Limpapeh Rumah Nan Gadang," jelas Zahirma.

[HARSYI/WIN]

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.