Sambut Ramadhan, Masyarakat Bisati Gelar Atik Tulak Bala Dengan Menggunakan Obor

Ratusan Masyarakat Bisati  Selasa Malam 15 Mei 2018, Gelar Atik Tulak Bala, Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Padang Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Ratusan masyarakat Nagari Bisati Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman antusias mengikuti atik tolak bala pakai obor Selasa (15/5) malam.

Atik tolak bala menjelang ramadhan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat nagari Bisati.

Disepanjang jalan dalam korong itu, dalam perjalan itu ada beberapa alim ulama membaca kalimat tauhid, hal ini dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan dan meminta kepada  Allah SWT agar segala musibah bisa terhindar dalam nagari setempat.

Camat VII Koto Sungai Sarik Masrimfinor  sangat mengapresiasi kepada masyarakat nagari Bisati yang telah melaksanakan acara atik tolak bala  dalam  rangka menyambut bulan Suci Ramadhan.

" Melalui ratik tulak bala ini kami berharap masyarakat kecamatan terhindar dari segala macam marabahaya

Muhammad Idris Tuangku Kalifah, ulama Nagari Bisati menjelaskan, pawai obor melambangkan semangat berkobar masyarakat dalam menjalani Ibadah puasa dan akidah Islam.

Sebelum pawai obor, ulama dan tokoh masyarakat melaksanakan zikir. Saat pawai obor, ulama beserta masyarakat yang mengikuti membaca tahlilan.

“Tahlil yang dilakukan saat berjalan (pawai obor) bertujuan meminta kepada Maha Kuasa untuk menjauhkan musibah (Bala) atau wabah,” katanya


Pewarta : Harsyi Warsilah

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.