Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Kecamatan 2 x 11 Kayutanam, Panwascam Ajak Peran Serta Masyarakat Awasi Pemilu

Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Kecamatan 2 x 11 Kayutanam, Panwascam Ajak Peran Serta Masyarakat Awasi Pemilu

Rabu, 14 November 2018, 19.03.00
Ketuas Panwascam 2 x 11 Kayutanam Yusrizal, Ketika Memberikan Sambutran Pada Pembukaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu se Kecamatan  2 x 11 Kayutanam, Rabu 14 November 2018, di Aula INS Kayutanam (Fhoto : Wis)
2 x 11 Kayutanam, BANGUNPIAMAN---Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan 2 x 11 Kayutanam menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum (pemilu) partisipatif,  di Aula INS Kayutanam, Rabu (14/11/2018).

Ketua Panwaslu Kecamatan 2 x 11 Kayutanam Yusrizal menyebutkan melalui kegiatan ini, masyarakat diajak ikut berpartisipasi mengawasi pemilu yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang yang dilakukan secara serentak pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden.

Kegiatan itu diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari Wali Nagari, BAMUS, KAN, Wali Korong, TNI, Polri, Pengurus Masjid serta tokoh masyarakat se kecamatan 2 x 11 Kayutanam.

Pada pembukaan sosialisasi  juga dihadiri Camat 2 x 11 Enam Lingkung diwakili Kasi Pemerintahan Ali Yuni, SE, MM, Kapolsek 2 x 11 Enam Lingkung dan Danramil 04 Sicincin

Yusrizal mengatakan, dalam sosialisasi ini akan disampaikan materi mengenai berbagai bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu. Baik itu netralitas ASN maupun netralitas walinagari dan perangkat nagari

Menurut Yusrizal, tujuan kegiatan itu adalah untuk mengajak peran aktif masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019. Karena  saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah berlansung, penyusunan daftar pemilih, dimana telah memasuki tahapan Daftar Pemilihan Tetap Hasil Perbaikan, dan tahapan kampanye. Saat ini sudah memasuki tahapan kampanye maka Pengawas Nagari akan melakukan pengawasan setiap kegiatan kampanye

“Mengingat Pemilu 2019 sangat besar dan luas cakupannya, tentu Panwaslu tidaklah cukup mampu melakukan pengawasan tersebut. Apalagi luas wilayah kecamatan 2 x 11 Kayutanam 1/6 dari luas Kabupaten Padang Pariaman. Karenanya keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” kata Yusrizal.

Sementara pamateri sosialisasi Pengawasan Pemilu tersebut diisi oleh Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq, SE, Komisioner Bawaslu Padang Pariaman yang membidangi pencegahan dan hubungan antar lembaga Rudi Herman, SE dan Zainal Abidin, SH divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu. Dengan moderator komisioner Panwascam 2 x 11 Kayutanam Reni dan Mirza (wis)

TerPopuler