HGN Ke-59, Bupati Ali Mukhni Dijadwalkan Video Conference dengan Menteri Kesehatan

Mentri Kesehatan Republik Indonesia  Ketika Berkunjung ke Kabupaten Padang Pariaman ( Fhoto Dok.Humas)
 Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM---Kalau tidak ada aral melintang Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni dijadwalkan akan melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia besok, Jumat (25/01).

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol  Kabupaten Padang Pariaman yang diterima redaksi www.bangunpiaman.com, video conference dilaksanakan sebagai kegiatan puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 akan dilaksanakan pada dua tempat secara bersamaan. 


Bupati Ali Mukhni bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan pejabat Pemkab Padang Pariaman berkumpul di Puskesmas Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan sementara Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat di ruang Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Tema pembicaraan dalam video conference adalah tentang Intervensi dan Inovasi Program Gizi yang dilakukan berdasarkan hasil surveilans gizi. Menurut Ketua Panitia Penyelenggara HGN yang juga Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI, Ir. Doddy Izwardy, MA melalui suratnya kepada Bupati Padang Pariaman menjelaskan bahwa pemilihan lokasi video conference di Padang Pariaman disebabkan upaya intervensi Pemkab Padang Pariaman dalam hal ini Dinas Kesehatan terhadap peningkatan gizi masyarakat dinilai melebihi kabupaten kota lain di Indonesia.


"Menurut Kemenkes, upaya, intervensi dan inovasi program gizi di Kabupaten Padang Pariaman sangat luar biasa sehingga pihak Kemenkes ingin mendengar langsung dari bapak Bupati Padang Pariaman melalui video conference," jelas Zairil Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan didampingi Ferawati Pengelola Program Gizi Dinas Kesehatan Kab. Padang Pariaman.

Ditambahkan oleh Ferawati bahwa salah satu program inovasi gizi yang mendapat respon positif dari kemenkes adalah pembentukan kader Laskar Nagari Peduli Gizi (LNPG) di Kab. Padang Pariaman. Kader LNPG adalah pemberdayaan masyarakat untuk ikut serta dalam upaya perbaikan gizi masyarakat.

"Kader LNPG dilatih mengenal, memahami dan menguasai materi tentang gizi kemudian bertanggung jawab memantau secara intensif gizi balita dan baduta (bayi dua tahun) di nagarinya masing-masing serta juga mengedukasi ibu hamil dari awal kehamilan hingga anak usia dua tahun sebagai upaya pencegahan stunting," jelas Fera.

Selain kader LNPG, sambung Fera, pemilihan lokasi dan daerah Kecamatan Batang Gasan karena beberapa Ahli Gizi Nusantara Sehat dari Kemenkes ditempatkan di Kecamatan Batang Gasan.

Bupati Ali Mukhni ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan video conference membenarkan bahwa besok Jumat akan dilaksanakan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara sehat dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-59.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah menunjuk dan memilih Padang Pariaman sebagai lokasi vidio conference Hari Gizi Nasional ke-59. Saya sangat mendukung penuh dalam upaya pemerintah memberikan layanan yang terbaik untuk meningkatkan gizi masyarakat," kata Bupati dua periode itu.

Kegiatan surveilans gizi, sambung Ali Mukhni, diintervensi dengan baik oleh jajaran Dinas Kesehatan, petugas gizi, Dokter Nusantara Sehat dan kader LNPG serta diperkuat dengan penerapan aplikasi e-PPGBM sehingga bisa dipantau langsung kinerja petugas dan setipa permasalahan gizi yang ada di masyarakat dapat ditangani dengan cepat.

"Harapan saya, kiranya peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 tahun 2019 dapat menghasilkan komitmen dan kolabarasi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama mencegah stunting demi mencapai masyarakat Padang Pariaman sehat dan sejahtera," tukuk Ali Mukhni mengakhiri. (***/rel-wis)




Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.