Indonesia Beranekaragam, Islam Harus Jadi Rahmatan lil Alamin

Padang Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Santri pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan diharapkan jadilah pemimpin dalam pandangan Allah.

Pemimpin yang memandang semuanya dengan makhluk Allah. Contoh pemimpin yang paling sukses di dunia ini adalah Nabi Muhammad Saw. Punya pengikut mencapai 2 miliar orang. Padahal kepemimpinannya hanya berlangsung 23 tahun.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Majelis Dzikir Hubbul Wathan KH Musthofa Aqil Siradj,  Kamis (14/3/2019), pada Silaturrahmi Kebangsaan dan Tablik Akbar di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan Kecamatan VI Lingkungan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Menurut Kiai Musthofa Aqil Siradj, Nabi Muhammad Saw dalam menjalan dakwah dan memimpin umat manusia tidak punya facebook, twitter, wathshap, tapi punya pengikut 2 miliar.

Pertanyaannya, kenapa bisa sukses?
Dijelaskan Kiai Musthofa, perintah kepada Nabi Muhammad Saw dari Allah diawali bukan dengan menyebut nama Allah langsung.

Tiga kali turun perintah ayat secara berturut-turut, yakni surat Al-Alaq, Al-Mudasir dan Al-Muzamir, tidak menyebut kata Allah. Melainkan kata Rab (Tuhan Semesta Alam). Baru surat keempat, Al-Fatihah ada kata Allah.

“Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw itu diperintahkan memandang semuanya dengan makhluk Allah. Bukan semata diperintah untuk umat Islam. Dalam berbuat kepada seseorang, jangan melihat agamanya, sukunya, asalnya, namun sebagai sesama manusia harus berbuat baik,” kata Kiai Musthofa.

Jangankan manusia, binatang saja dimuliakan oleh Nabi. Sikap inilah dasar dari kesuksesan Nabi dalam memimpin dan dakwah Islam.
Kiai Musthofa mengisahkan Nabi Muhammad Saw.  selalu dihina oleh orang Yahudi yang buta.
Pulang dari rumah orang Yahudi tersebut, Nabi membeli bubur (makanan) dan mendatangi lagi orang Yahudi tersebut dengan menyuapkan makanan yang dibawa dengan kasih sayang.  Setelah Nabi Muhammad Saw.

wafat, perbuatan tersebut dilanjutkan oleh Khalifah Abu Bakar. Orang Yahudi itupun bertanya, “Ini pasti bukan orang yang datang kemaren-kemaren ya?” Abu Bakar pun dengan jujur mengakui,  orang yang datang kemaren itu sudah wafat. Lantas Abu Bakar ditanya lagi, memangnya siapa yang mengantarkan makanan kemaren itu?  Dijawab Abu Bakar, yang datang  dan menyuapkan makanan tersebut adalah Nabi Muhammad Saw.

“Spontan orang Yahudi itu kaget karena selalu menghina Nabi Muhammad Saw. Dirinya sungguh tidak menyangka, ada orang yang terus dihina, tapi selalu memberikan kebaikan padanya. Akhirnya orang Yahudi tersebut masuk Islam,” tutur Kiai Musthofa.

Terkait dengan Indonesia yang beranekaragam, Islam harus jadi rahmatan lil alamin. Indonesia memang harus ada keturunan China, Minang, Jawa, Bugis dan seterusnya. Beragama Islam, Katolik, Protestan, Budha dan Hindu. Itulah Indonesia yang harus dijaga bersama oleh anak bangsa ini.

Acara Silaturrahmi Kebangsaan dan Tablik Akbar dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P,    Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D,  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin Syekh Muhammad Rais Tuanku Labai Nan Basa, Ketua Yayasan Nurul Yaqin Idarusalam Tuanku Sutan, santri dan majelis guru pesantren Nurul Yaqin dan cabang Nurul Yaqin.  (AT)
 

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.