Kamenag Kota Pariaman M.Nur Pimpin Rukyatul Hilal

Kamenag Kota Pariaman M.Nur Pimpin Rukyatul Hilal

Minggu, 05 Mei 2019, 22.02.00

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan Ramadan 1440 Hijriyah oleh Kementerian Agama Kota Pariaman akan dipusatkan di Hotel Nan Tongga, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Minggu (5/5/2019).

Kepala Kemenag Kota Pariaman, M. Nur mengatakan rukyatul hilal akan dilakukan saat matahari mulai terbenam."Pukul 17.00 WIB kita sudah standby," kata M. Nur kepada Bangun Pariaman, ditemui di lokasi.

M. Nur menyebutkan, dalam pemantauan hilal ini, melibatkan Wakil Ketua MUI Kota Pariaman Buya Muftahuddin,  Ketua NU Kota Pariaman TK. Mardison,  Kasubag TU Kota Pariaman Syaiful Azmi,  Kasi Pendis Kota Pariaman Zahardi, Kasi Bimas Islam  Kasi Penyelengara Syariah beserta staff Kemenag Kota Pariaman dan tokoh masyarakat.

Kemenag Kota Pariaman M. Nur mengatakan, sebenarnya melaksanakan apa dianjurkan oleh Rasulullah "Berpuasa lah kamu dikerenakan meliahat bulan, berbukalah kamu dikerenakan melihat bulan". 

Lalu melihat bulan itu ada dengan mata telanjang ada pula dengan ilmu pengetahuan dengan teknologi. Kita melaksanakan dengan teknologi dengan alat yang namanya atau bisa juga dengan teropong bintang dengan ilmu pengetahuan bisa di dengan ilmu Falak bisa dengan ilmu astronomi. Nah kalau melihat ini terus terang apa yang dianjurkan oleh Rasulullah kita laksanakan. 

Namun dikota Pariaman karena masih ada tutupan masih ada tutup masih tertutup akan tetapi di daerah lain telah membuktikan bulan itu bisa dilihat karena kita ini berada di wilayah atau mutlak Indonesia tentu kita patuh kepada Amirul Mukminin sebentar lagi pemerintah mengumumkan untuk puasa ramadhan insya allah kota pariaman juga puasa ramadhan besok.

(Harsyi Warsilah)


TerPopuler