Implementasikan GERMAS, Bupati Ali Mukhni Himbau Masyarakatnya Budayakan Hidup Sehat

Implementasikan GERMAS, Bupati Ali Mukhni Himbau Masyarakatnya Budayakan Hidup Sehat

Senin, 26 Agustus 2019, 17.40.00
Bupati Ali Mukhni Senam Bersama Masyarakat Kampung Dalam Dalam Rangka Memeriahkan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Fhoto : Humas )

KAMPUNG DALAM---Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni bersama isteri ikut bersenam bersama masyarakat di lapangan bola Nagari Campago Kec. V Koto Kampung Dalam dalam memeriahkan kegiatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Senin (26/08).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat dr. Mery Yuliesday, MARS, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman H. Jonpriadi, SE, MM, Kepala Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Yurisman, SP, MM.

Kepala Bapelitbangda Ir. Ali Amran, MP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Rahmang, MM, Camat, Wali Nagari, tokoh masyarakat Nagari Campago, Kepala sekolah se Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Ketua Ormas, Ketua Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman, dan ribuan masyarakat nagari Campago.

Bupati Ali Mukhni memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan atas terselenggaranya acara tersebut karena menurutnya salah satu indikator hidup sehat adalah rela mengorbankan apapun demi kesehatan.

"Ruang lingkup Germas yaitu peningkatan aktifitas fisik, seiring peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat," jelasnya.

Peraih penghargaan Ksatria Bakti Husada tahun 2015 lalu itu menghimbau untuk melaksanakan hidup sehat melalui berbagai sikap dan gaya hidup.

"Kami sudah sering menghimbau untuk melaksanakan hidup sehat, hidup sehat hendaknya diawali dari diri pribadi. Kalau kita semua sudah sadar akan kesehatan maka hidup sehat dapat dilaksanakan," hematnya.

Bupati dua periode itu juga berharap hendaknya semua lapisan masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar.

"Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur minimal satu mangkok untuk satu orang agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dan seimbang," lanjutnya.

Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk meninggalkan lingkungan yang kotor dan ucapkan selamat datang kepada lingkungan bersih serta berupayalah untuk berhenti merokok.

Sebagai permulaan, Implementasi GERMAS di Padang Pariaman akan dilaksanakan di tiga Nagari di 3 kecamatan yaitu nagari Campago di V Koto Kampung Dalam, Parit Malintang di  Enam lingkung, dan Lareh Nan Panjang Sungai Sariak di VII Koto.

Rel/Wis

TerPopuler