Kota Pariaman Siap Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara Tingkat Nasional

Kota Pariaman Siap Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara Tingkat Nasional

Jumat, 23 Agustus 2019, 14.24.00
Walikota Pariaman Genius Umar ( Fhoto : Media Center Pariaman)
PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM --- Kota Pariaman siap menjadi tuan rumah Hari Nusantara tingkat Nasional.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Pariaman Genius Umar ketika menerima kunjungan  Kementerian Koordinator Maritim Republik Indonesia,untuk melakukan peninjauan lapangan untuk survey lokasi, Kamis (22/8/2019).

Pemerintah pusat, dalam hal ini Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari dari Kemenko Kemaritiman RI, Kosmas Harefa datang bersama jajaran dan rombongan dari Markas Besar (Mabes) TNI AL, Letkol Antonius, Letkol Dwiarmanto, dan Mayor Aries Topan, dari Ditjen PRL Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Yogi Yanuar serta utusan dari Kemenpar RI dan Sekretariat Kabinet.

Juga nampak hadir juga Komandan Satuan Patroli Lantamal II Padang, Kolonel Joko Triwanto bersama Mayor Widodo, dan jajaran Lantamal II Padang.

Kegiatan ini dalam rangka survey lapangan persiapan Kota Pariaman sebagai tuan rumah Hari Nusantara tingkat Nasional yang diperingati setiap tanggal 13 Desember setiap tahunya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa Kota Pariaman siap untuk menggelar agenda nasional tersebut, yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI bapak Joko Widodo.

"Dengan diselenggarakanya event skala Nasional dimana yang hadir merupakan utusan dari seluruh indonesia, maka imbasnya akan sangat besar untuk Kota Pariaman kedepanya, apalagi kita sangat konsen untuk menggenjot menjadikan Kota Pariaman sebagai Destinasi Wisata tingkat nasional," kata Walikota.

Kota Pariaman akan melengkapi seluruh infrastruktur dan penunjang untuk kegiatan tersebut, mulai dari akomodasi, sarana dan prasarana serta faktor penunjang lainya.

"Kami berharap, bapak Menko Maritim dapat menyetujui Kota Pariaman sebagai tuan rumah acara Hari Nusantara ini, dan kami berencana akan memberikan kesan yang baik dan mendalam untuk suksesnya acara tersebut", tutupnya.

Sementara itu, Kosmas Harefa mengatakan dari hasil kunjungan lapangan ini, telah 85 persen bahwa Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah Hari Nusantara tingkat Nasional 2019, tinggal menunggu 15 persen lagi persetujuan dari Bapak Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Maritim RI, ujarnya.

"Setelah melihat dan mensurvey beberapa lokasi, kami berpendapat, Pantai Gandoriah sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk kegiatan event Nasional ini. Kita berharap, dan akan meyakinkan pimpinan, agar Kota Pariaman dapat ditetapkan sebagai tuan rumah Hari Nusantara," ulasnya.

Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. "Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat,"tambahnya

Menurut Kosmas, melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional.

Rel/Harsyi Warsilah

TerPopuler