Presiden Joko Widodo Putuskan Ibu Kota RI, Pindah ke Kaltim

Presiden Joko Widodo Putuskan Ibu Kota RI, Pindah ke Kaltim

Senin, 26 Agustus 2019, 15.39.00
Presiden Joko Widodo Bersama Wapres Yusuf Kala ( Sumber Fhoto : Kompas.Com)
JAKARTA---Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo sudah memutuskan ibu kota Republik Indonesia yang semula di Propinsi DKI Jakarta, akan dipindahkan Provinsi Kalimantan Timur.

Ibukota baru Republik Indonesia nantinya akan berada di Kabupaten Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Dua daerah ini akan jadi ibu kota baru.

"Meski ibu kota dipindah, namun Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan.
Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan jadi pusat bisnis, perdagangan, jasa berskala regional dan global," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019), dikutip dari www.detik.com.

Jokowi mengungkapkan usulan dari Pemprov DKI tentang rancangan anggaran untuk pembangunan infrastruktur hingga 2030 sebesar Rp 571 triliun juga tetap dilakukan.

"Rencana DKI Jakarta lakukan urban yang dianggarkan Rp 570 triliun tetap dijalankan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappenas/Menteri PPN Bambang Brodjonegoro mengatakan tahun 2020 merupakan masa persiapan.

Pada, akhir 2020 konstruksi infrastruktur akan dilakukan agar pemindahan akan dilakukan paling lambat 2024. Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis.

"Detail pemindahan akan dilakukan. Tapi 2024 adalah paling lambat kita sudah pindahkan pusat pemerintahan. Yang dipindahkan adalah pusat pemerintahan. Jakarta tetap pusat bisnis dan keuangan," katanya.

sumber : www.detik.com

TerPopuler