Pemerintah Kota Pariaman Resmi Melounching Aplikasi Pariaman Menuju Smart City

Pemerintah Kota Pariaman Resmi Melounching Aplikasi Pariaman Menuju Smart City

Minggu, 15 September 2019, 17.41.00
Louching Aplikasi Pariaman Menuju Smart City, di Pendopo Walikota Minggu 15 September 2019.          Fhoto : Harsyi Warsilah
PARIAMAN---Pemerintah Kota Pariaman, Minggu (15/09/2019), resmi melounching aplikasi Pariaman Menuju Smart City, kemudian dilajutkan dengan perjanjian kerjasama dengan Bank Nagari, Universitas Andalas dan GOJEK di rumah Dinas Walikota Pariaman.

Lounching dan perjanjian kerjasama tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Direktur Utama Bank Nagari , Rektor Universitas Andalas Padang, Sekretaris Daerah Indra Sakti

Kemudian Vice President Region North Sumatera PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GOJEK), Forkompimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dilingkungan Pemko Pariaman, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Pariaman, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kota Pariaman, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda/OKP dan ORMAS/Organisasi Profesi dan Insan Pers.


Menurut  Genius, Kota Pariaman sudah dikenal oleh masyarakat dan dunia luar memiliki keindahan alam, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, hal tersebut dibuktikan dengan kerja keras yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

" Saat ini yang selalu dilakukan pembenahan di segala bidang, guna mendukung setiap program yang telah dibuat oleh Pemerintah Kota Pariaman, agar dapat dilaksanakan, serta semua program unggulan tersebut dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat," ulas Genius.


Salah satu bentuk program kerja yang akan dilaksanakan sekarang ini oleh Pemerintah Kota Pariaman dengan menjalin kerjasama dan penanda tanganan nota kesepahaman perjanjian kerjasama dan launching aplikasi Pariaman menuju smart city.

Penanda tanganan MoU dengan Bank Nagari dalam hal pemanfaatan aplikasi e-Retribusi untuk optimalisasi aspek pelayanan publik, dan kerjasama dengan Universitas Andalas dalam pengembangan konsep smart people for healthy city di Kota Pariaman, dalam bidang pendidikan terutama pengembangan SDM, bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat.

"Kami menyambut baik kerjasama dengan Bank Nagari dalam pemanfaatan aplikasi e-Retribusi untuk optimalisasi aspek pelayanan publik, dan kerjasama dengan Universitas Andalas dalam pengembangan konsep smart people for healthy city di Kota Pariaman, dalam bidang pendidikan terutama pengembangan SDM, bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyaraka," tambahnya

Dijelaskannya, Pemko Pariaman akan terus melakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk dapat mendukung setiap program Pemerintah Kota Pariaman dalam implementasi smart city yang modern, efisien, dan efektif.

Melalui kerjasama pengembangan smart city yang berkelanjutan, dan komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam mewujudkan smart city ini, telah mendapatkan apresiasi dengan diperolehnya penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2017..

Dalam upaya memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman maka kerjasama ini dilakukan antara Bank Nagari dengan Pemerintah Kota Pariaman.

"Sehingga dapat merumuskan penyelesaian masalah, dan dapat mempercepat pengembangan Sustainable Smart City di Kota Pariaman, salah satunya adalah dimensi Smart Governance yaitu gerakan non tunai (Lessca Society) kepada masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi e-Retribusi yang dikembangkan oleh Bank Nagari,"papar lulusan STPDN ini.


Aplikasi e-Retribusi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu, pencatatan data, serta meminimalisir kesalahan transaksi pembayaran sistem online, terutama mencegah adanya kebocoran keuangan Daerah, sehingga potensi PAD lebih optimal dan terukur.

Dia berharap, dengan semoga  program Pariaman menuju Smart City yang berkelanjutan, terus didukung oleh semua stake holder, karena smart city bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Pariaman saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama.

"Semoga kerjasama yang terjalin saat ini, dengan penandatanganan MoU, mulai dari Bank Nagari, Universitas Andalas dan GOJEK, yang menunjukan perwakilan dari Perbankan, Dunia Pendidikan serta Swasta, melalui Pemerintah Kota Pariaman, selalu bersinergi, saling bekerjasama, untuk mewujudkan kemudahan bagi masyarakat Kota Pariaman untuk menjadi lebih baik, serta pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan, dapat terbangun di Kota Tabuik yang dibanggakan ini," ulasnya mengakhiri

Pewarta : Harsyi Warsilah

TerPopuler