Pemko Pariaman Lounching Bank Sampah di Desa Balai Kuraitaji Pariaman Selatan

Pemko Pariaman Lounching Bank Sampah di Desa Balai Kuraitaji Pariaman Selatan

Minggu, 22 September 2019, 10.49.00
Lounching Bank Sampah di Balai Kuraitaji Kecamatan Pariaman Selatan, Jumat (20/09/2019) 

PARIAMAN---Pemerintah Kota Pariaman kembali melaounching Bank Sampah Sabiju Liber (Sampah Bisa Jadi Uang, Lingkungan Bersih).

Kali ini giliran Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan melaunching Bank Sampah dengan nama Bank Sampah Balai Mandiri di Aula Kantor Desa Balai Kurai Taji, Jumat (20/9/2019) lalu.

Peluncuran Bank Sampah ini dilakukan,  untuk mengolah sampah yang ada di kawasan Desa Balai Kurai Taji dikarenakan di desa ini terdapat sebuah pasar tradisional yakni Balai Kurai Taji, dan BUMDes Balai Mandiri ingin mengelolanya dengan membuat Bank Sampah.

Satri Yarlina, Kabid Pengendalian Pencemaran dan kerusakan Lingkungan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Desa Balai Kurai Taji ini, karena hal ini mampu mengurai permasalahan sampah sehingga membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA.

Ia berharap, program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan dapat dicontoh desa-desa lain.

“Kebiasaan masyarakat yang dulu membuang sampah sekarang akan berubah menjadi rebutan sampah. Sebab, sampah bisa menjadi tabungan uang mereka jika disetorkan di bank sampah dan berimbas lingkungan menjadi sehat," imbuhnya.

" Serta mengubah sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat, dengan harapan program ini terus berkembang dan berkelanjutan, sehingga masyarakat benar-benar merasakan dampaknya," tambahnya.

Kepala Desa Balai Kurai Taji, melalui Ketua Badan Permusyawaratan Desa Basrial Bakri mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong dan memotivasi usaha-usaha desa ini untuk mengelola sampah.

Karena penanganan sampah juga harus ada peran serta dari perangkat desa dan aparatur, sehingga akan meningkatkan kemampuan inovasi Bank Sampah yang digawangi kaum muda di BUMDes Desa Balai Kurai Taji ini.

Di tempat terpisah, Wako Pariaman Genius Umar  mengapresiasi positif tentang pengelolaan Bank Sampah oleh BUMDes Desa Balai Kurai Taji ini terhadap lingkungan hidup, sudah sangat baik.

Wako himbau masyarakat untuk lebih mandiri memahami permasalahan lingkungan hidup di desanya dan mencari solusi atas permasalahan tersebut, serta melakukan pengolahan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan dalam mewujudkan Program Healthy City (Kota Sehat) di Kota Pariaman.

“ Ini adalah bukti keseriusan dan kesungguhan Pemko Pariaman menciptakan solusi, dari permasalahan yang dialami rakyat. Dengan mengedukasi dan menciptakan spirit kebersamaan, Desa Balai Kurai Taji ini bisa menjadi contoh dan memotivasi desa lainnya untuk melakukan hal yang sama, bahkan lebih baik lagi,” ujar Genius.

Turut hadir dalam Launching Bank Sampah tersebut yakni perwakilan dari Kantor Camat Pariaman Selatan Weny, Perwakilan dari Diskominfo Kota Pariaman Angga Perdana.

Rel/Harsyi Warsilah

TerPopuler