Rangkaian Pesta Budaya Tabuik, Ratusan Masyarakat Saksikan Ritual Maarak Soroban

Rangkaian Pesta Budaya Tabuik, Ratusan Masyarakat Saksikan Ritual Maarak Soroban

Senin, 09 September 2019, 06.25.00
Maarak Saroban Berlangsung Meriah ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

PARIAMAN---Ratusan masyarakat yang datang dari beberapa kecamatan di kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman saksikan ritual maarak soroban, Minggu (08/09/2019) malam

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan hari ini adalah hari terakhir ritual maarak soroban di Kota Pariaman merupakan bagian dari ritual hari tabuik

Maarak soroban ini adalah peringatan terhadap sorban Cucu Nabi Muhammad Husein ketika perang di karbala beberapa ratusan tahun lalu.

Pada hati ini dijadikan bagian dari acara atau sesi peringati hari raya budaya tabuik. Ini sesi terakhir sebelum hari terakhir yaitu hari tabuik dibuang yaitu 10 Muharram.

Tetapi karna tabuik untuk wisata tabuik ini nanti dibuang acara puncaknya tanggal 15 september 2019 tahun ini, diperkirakan pengunjung sampai 200.000 orang,  untuk malam ini sangat banyak 10.000 orang yang hadir.

Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengatakan, malam ini kita sama-sama menyaksikan bagian dari pada pesta budaya Tabuik di Kota Pariaman.

"Malam hari ini adalah malam keempat yaitu ritual marah soroban alhamdulillah untuk kegiatan berjalan dengan aman lancar dan kondusif," ulasnya.

"Kita lihat begitu banyak penonton kurang lebih sekitar 10.000 dan kita sudah turunkan personil pengamanan kurang lebih 200  Hari ini malam terakhir jadi kegiatan lebih meriah  alhamdulillah kita monitor bersama-sama bahwa kegiatan keempat yaitu ritual marah soroban berjalan dengan lancar dan aman," ulasnya.

Pewarta : Harsyi Warsilah


TerPopuler