Puskemas Padang Sago Sosialisasikan Bahaya Penyakit HIV AIDS Kepada Masyarakat Nagari Koto Dalam Barat

Puskemas Padang Sago Sosialisasikan Bahaya Penyakit HIV AIDS Kepada Masyarakat Nagari Koto Dalam Barat

Rabu, 11 September 2019, 20.14.00
Sosialisasi Bahaya Penyakit HIV AIDS Diosialisasikan Puskemas Padang Sago Kepada Masyarakat Nagari Koto Dalam Barat ( Fhoto : Yahya )

PADANG SAGO--- Kasus penyakit HIV AIDS di Kabupaten Padang Pariaman terus meningkat. Penyakit ini disebabkan  makin maraknya LBGT d serta perilaku seksual menyimpang.

“ Sampai 2019 peningkatan kasus HIV AIDS terus meningkat di Padang Pariaman ,tahun 2017 terjadi 28 kasus,2018 43 kasus ,juni 2019 sudah mencapai 41 kasus,terjadi peningkatan yang signifikan,untuk itu lah perlunya diadakan sosialisasi ini,” kata NS. Nelli Guswita ,S.Kep dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman usai sosialisasi Hiv Aids di Nagari Koto Dalam Barat,  Rabu (11/09/2019).

“ Untuk menahan lajunya perkembangan kasus tersebut dinas sosial dan dinas kesehatan  sosiatelah melakukan sosialisasi di sekolah – sekolah dan nagari-nagari. Selain itu juga dengan membentuk kelompok – kelompok warga peduli HIV AIDS. Juga pembentukan sahabat peduli orang dengan HIV untuk membekali anak sekolah tentang HIV AIDS tersebut," ulasnya.

Sementara di pihak lain juga ada kerja sama dengan kepolisian dan dinas-dinas lain.

Dinas kesehatan juga berharap nagari dan semua elemen di nagari berperan aktif mengatasi hal ini, seperti yang dilakukan Nagari Koto Dalam Barat ini.

Penegakan agama dan adat merupakan
hal yang paling ampuh untuk membantu gerakan ini. Tentu saja peran semua lapisan masyarakat lah yang sangat  diharapkan.

Kegiatan ini terlaksana berkat kreatifitas kepala puskesmas Padang Sago Elmispendriya Gusna. M Keb yang mampu menggaet wali nagari di Padang Sago untuk bisa melaksanakan sosialisasi ini.

Kepala Puskesmas Padang Sago yang akrab di panggil Buk Mis ini terus gencar melakukan sosialisasi HIV AIDS serta penyakit menular lainnya di wilayah kerjanya.

“Banyaknya kasus HIV AIDS di wilayah kerja Padang Pariaman mendasari kita untuk melakukan sosialisasi ini, dengan harapan masyarakat  tahu dengan penyakit tersebut dan cara pencegahannya,selain HIV AIDS kami juga mensosialisasikan penyakit penular lainnya, " ulasnya.

“Kita apresiasi kepada Wali Nagari Koto Dalam Barat yang telah memfasiltasi kegiatan ini serta menghadirkan masyarakat yang cukup banyak,selanjutna kita akan mengaaet nagari – nagari lain untuk bisa melaksanakan kegiatan yang sama,sehingga Padang Sago bebas dari penyakit menular,” ulas Kepala Puskesmas Padang Sago Elmispendriya Gusna. M Keb di akhir perbincangan nya dengan www.bangunpiaman.com.

Pewarta : Yahya

TerPopuler