Sukses Gelar GERMAS Ke-2, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Apresiasi Dinas Kesehatan

Bupati Ali Mukhni Serahkan Peralatan Kebersihan ( Fhoto : Humas )

ENAM LINGKUNG---Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya atas terselenggaranya GERMAS untuk kedua kalinya setelah di V Koto Kampung Dalam. Kali ini digelar di Lapangan Bola Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung, Selasa (10/09/2019).

Bupati  Ali Mukhni yang hadir bersama Ketua TP-PKK Dra. Hj. Rena Sofia, Sekda H. Jonpriadi, SE, MM, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat Syafwan, S.KM, M.Kes, Kepala OPD se Padang Pariaman, Camat, Wali Nagari, ASN Padang Pariaman, pelajar SMP dan SMA serta tokoh masyarakat, untuk memeriahkan Implementasi GERMAS ke-2 sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional 2019.

Ali Mukhni Laksanakan Senam Bersama ( Fhoto : Humas )

Mantan guru olahraga yang selalu berolahraga setiap pagi itu mengajak seluruh masyarakat Padang Pariaman untuk selalu menyempatkan diri untuk berolah raga, minimal 30 menit.

"Salah satu indikator hidup sehat yakni rela mengorbankan apapun demi kesehatan yang sejalan dengan lima indikator Gerakan Masyrakat Hidup Sehat (Germas) yaitu aktivitas fisik, budaya makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat.

Seiring dengan indikator Germas tersebut, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk melakukan peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat.

"Untuk tahap ke-2 ini lokus pelaksanaan Germas di Kabupaten Padang Pariaman adalah Kecamatab Enam Lingkung, setelah sebelumnya dilaksanakan di V Koto Kampung Dalam. Untuk kegiatan berikutnya diadakan di Nagari Lareh Nan Panjang kecamatan Sungai Sarik," tambahnya.

Bupati yang pernah jadi pelatih sepakbola itu mengatakan bahwa implementasi Germas hari itu sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 tingkat Kab. Padang Pariaman yang diperingati setiap tanggal 9 September.

"Tahun ini Haornas bertemakan 'Ayo Olahraga, Dimana Saja dan Kapan Saja' hal ini sejalan dengan Germas dimana kita dianjurkan rutin melaksanakan gerak atau aktivitas fisik," tambahnya.

"Kami sering menghimbau untuk melaksanakan hidup sehat. Hidup sehat hendaknya diawali dari diri pribadi. Kalo kita semua sudah sadar akan kesehatan maka hidup sehat dapat dilaksanakan," ulasnya.

Bupati juga berharap hendaknya semua lapisan masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar.

"Kepada yang masih merokok, mulailah untuk berhenti merokok setidaknya jangan kotori udara sekitar dengan asap rokok kita apalagi kita sudah punya Perda Kawasan Tanpa Rokok No. 4 tahun 2017," katanya mengingatkan.

"Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur minimal satu mangkok untuk satu orang agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dan seimbang," ujarnya mengakhiri. (rel/wis)
Diberdayakan oleh Blogger.