Walikota Pariaman Genius Umar Hadiri Lokakarya Program Hibah Air Limbah Tahun 2020 di Jakarta

Walikota Pariaman Genius Umar Hadiri Lokakarya Program Hibah Air Limbah Tahun 2020 di Jakarta

Sabtu, 07 September 2019, 07.21.00
Walikota Genius Pada Lokakarya Peminatan dan Penyiapan Program Hibah Air Limbah Tahun Anggaran 2020, di Jakarta

JAKARTA---Walikota Pariaman Dr.Genius Umar,  menghadiri Lokakarya Program Hibah Air Limbah Setempat APBN, Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman, dilaksanakan di Golden Boutique Hotel, Jakarta, (5/9/2019).

Hadir memberi sambutan dan arahan dalam Lokakarya ini, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian PUPR, Dodi Krispratmadi dan Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Kemenkeu, Ubaidi S Hamidi.

Pemerintah dalam hal ini berupaya untuk mencapai SDGs tahun 2030 dan Universal Akses 100-0-100 yaitu 100 persen akses air bersih, 0 persen perumahan dan permukiman kumuh serta 100 persen untuk akses sanitasi tahun 2019, kurang lebih 150 kabupaten/kota se-Indonesia diundang dalam lokakarya program Hibah air limbah setempat ini

Turut mendampingi Walikota Pariaman dalam Lokakarya Program Hibah Air Limbah Sekretaris Ahmad Syukri

"Mungkin ini namanya berkah gayung bersambut," kata Walikota Pariaman Genius Umar pada Lokakarya Peminatan dan Penyiapan Pelaksanaan Program Hibah Air Limbah Setempat APBN T.A 2020 yang diadakan oleh Kementerian PUPR di Hotel Golden Boutiq Jakarta 5 September 2019.

Genius menceritakan,  pada masa kampanye pilkada tahun 2018 lalu dia terjun langsung ke lapangan untuk mendengar aspirasi masyarakat dengan berjalan kaki dari  rumah ke rumah.

"Salah aspirasi yang saya diserap dan dijadi program kerja unggulan adalah program rehabilitasi jamban sehat. Berdasarkan data yang terkumpul ada sekitar 4.000 jamban masyarakat yang tidak layak sesuai standar kesehatan," cerita Genius.

Menurut Genius,  pemerintah Kota Pariaman telah mengalokasikan dana untuk program tersebut ditahun 2020 sebanyak 100 unit. Ternyata Kementerian PUPR juga meluncurkan program yang sama sehingga singkron dengan program kerja Pemko Pariaman.

" Pada program hibah air limbah  tahun anggaran 2020 kita telah mengusulkan 2.000 unit dengan besaran hibah sebesar Rp. 3juta per unit. Usulan program hibah akan ditindak lanjuti oleh Dinas Perkim LH Kota Pariaman," ulasnya.

Walikota Genius Umar berharap, dengan  adanya bantuan hibah ini diharapkan bisa meningkatka taraf kesehatan masyarakat Kota Pariaman dan juga bisa mengalokasikan dan APBD pada program lain," ulasnya

Rel/Harsyi Warsilah

TerPopuler