Wako Genius Umar, Rakor Kepala Desa dan Lurah Untuk Sinergikan Arah Pembangunan di Kota Pariaman

Wako Genius Umar, Rakor Kepala Desa dan Lurah Untuk Sinergikan Arah Pembangunan di Kota Pariaman

Rabu, 11 September 2019, 18.43.00
Rapat Koordinasi Kepala Desa/Kelurahan Se Kota Pariaman, Rabu 11 September 2019, di Aula Balaikota Pariaman ( Fhoto TMC)

PARIAMAN---Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Rabu (11/09/2019) mengelar rapat koordinas, di aula Balai Kota Pariaman. Rapat koordinasi tersebut diikuti 71 Kepala Desa dan Lurah, Kepala OPD, Camat, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se-Kota Pariaman

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Drs.Effendi Jamal, MM dalam laporannya menyampaikan,  Rakor ini digelar untuk menyelaraskan arah kebijakan pembangunan Kota Pariaman dengan program unggulan dengan pemerintah desa dan kelurahan,  agar rencana pembangunan desa dan kelurahan berkualitas dan berinovasi menuju sumber daya unggul Indonesia maju.

Rakor ini  juga bertujuan untuk menyampaikan potensi masalah dan kendala di desa dan kelurahan dalam mewujudkan program-program unggulan Kota Pariaman dan masing-masing desa dan kelurahan. Kemudian untuk menyampaikan dukungan teknis pelaksanaan program unggulan dari SOPD-SOPD terkait untuk desa dan kelurahan sehingga  bisa diaplikasikan di desa mereka masing-masing sesuai dengan potensi yang ada di desa dan kelurahan.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebutkan pelaksanaan pembangunan Desa/Kelurahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kerangka mewujudkan pembangunan nasional, dan pembangunan daerah khususnya Kota Pariaman.

"Dalam pelaksanaannya pembangunan desa/kelurahan  harus sinergi dan mendukung pencapaian target pembangunan nasional dan pembangunan Kota Pariaman sehingga dapat diwujudkan tujuan bernegara," ulas Genius.

RPJM, Desa dan RKP Desa, ulas Genius,  merupakan penjabaran dari visi misi dan program Kepala Desa yang memuat tujuan, sasaran, strategi, dan arah kebijakan pembangunan Desa yang sinkron dengan arah kebijakan Pemerintah Kota dan juga capaian target pembangunan Nasional, dalam rangka mempercepat terwujudnya capaian dan target arah kebijakan Kota Pariaman dan pembangunan Nasional melalui pembangunan di Desa..

"Rakoor hari ini  saya sengaja menguundang SOPD-SOPD, Camat, Desa,Lurah, kemudian TA, PD dan PLD sebagai  tenaga pendamping di desa atau kelurahan yang bertugas unutk mendampingi setiap aktivitas yang dilakukan serta saling berbagi untuk memecahkan masalah yang ada sehingga akan terwujudnya target yang sudah ditetapkan di tahun 2020 nanti," ulasnya.

Acara itu ditutup dengan tanya jawab dan saling berbagi dengan instansi terkait sehingga dapat diputuskan program-program unggulan apa yang akan dilakukan nanti di tahun 2020 yang betul-betul bersinergi dengan program Pemerintah Kota Pariaman .

Rel/Harsyi Warsilah

TerPopuler