Gubenur Irwan Prayitno dan Walikota Pariaman Genius Umar Tanda Tangani MOU Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Untuk Subsidi SMA dan SMK

Gubenur Irwan Prayitno dan Walikota Pariaman Genius Umar Tanda Tangani MOU Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Untuk Subsidi SMA dan SMK

Rabu, 16 Oktober 2019, 18.10.00
Gubenur Sumbar Irwan Prayitno disaksikan Walikota Pariaman Genius Umar, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri dan Forkompimda Menandatangani MOU Bantuan Keuangan Bersifat Khusus untuk SMA dan SMK di Kota Pariaman ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rabu (16/10/2019) tanda tangani MOU. bantuan keuangan bersifat khusus, di Aula Balaikota Pariaman.

Penandatangan MOU itu juga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Forkompimda serta kepada OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebutkan, saat ini SMA dan SMK sudah menjadi wewenang Pemerintah Propinsi Sumatera Barat. Meskipun SMA dan SMK sudah menjadi kewenangan Propinsi, namun Pemerintah Kota Pariaman ingin membantu sebagian biaya yang dibutuhkan SMA dan SMK di Kota Pariaman dengan bantuan keuangan bersifat khusus
.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan suatunya kita SMA/SMK wewenag provinsi jadi kita memberikan subsidi kepada pemerintah Provinsi nanti pemerintah provinsi bayar lagi ke SMA/SMK yang ada dikota Pariaman sehingga  kita bisa membantu sebagian pembayaran  yang ada di SMA/SMK  kenapa SMA /SMK itu bianya nya sangat banyak dan semakin kita pingin meningkatkan kualitas itu baru partisipasi dan bantuan dari Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat.

Menurut Genius tujuan dari pemberian bantuan keuangan khusus ini menyikapi perpindahan kewenangan pendidikan SMA dan SMK ke pemerintah provinsi, sementara itu pemerintah kota telah mencanangkan pendidikan gratis mulai tingkat SD sampai tingkat SMA/SMK

" Untuk menjamin program ini bisa berjalan pemerintah Kota Pariaman menyediakan anggaran untuk mensubsidi biaya pendidikan tingkat SMA/SMK melalui bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Provinsi," ulasnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Genius Umar-Mardison Mahyuddin.

" Dari 19 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Barat, baru kota Pariaman memperhatikan pendidikan warganya hingga SMA dan SMK dengan menyediakan anggaran untuk mensubsidi SMA dan SMK dengan anggaran khusus yang hari ini MOU-nya ditandatangani," ulas Gubernur dua priode itu.

Gubernur berharap dengan MOU ini diharapkan di Kota Pariaman tidak lagi masyarakatnya yang putuh sekolah, karena program pendidikan gratis yang dicanangkan Pemerintah Kota Pariaman hingga SLTA.

Harsyi Warsilah

TerPopuler