Pemko Pariaman Matangkan Persiapan Grand Star Tour De Singkarak

Pemko Pariaman Matangkan Persiapan Grand Star Tour De Singkarak

Kamis, 31 Oktober 2019, 19.21.00
Jumpa Pers Persiapan TDS 2019, di Balaikota Pariaman ( Fhoto : Kominfo)

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman memaksimalkan persiapan TdS 2019 untuk grand opening dan grand start yang akan di helat di Kota Pariaman.

Persiapan sendiri hampir mencapai 95 persen, Pemko Pariaman menargetkan sebanyak 50.000 penonton untuk iven balap sepeda internasional, tinggal sisanya 5 persen terkhsus persiapan teknis lainnya di lokasi menjelangg saat acara pembukaan.

Hal tersebut di sampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar saat konferensi pers bersama wartawan mitra Pemko di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Kamis (31/10) siang.

“ Pada saat grand opening, Jumat (1/11) malam di Pantai Gandoriah, disamping dihadiri tamu dalam negeri juga dihadiri tamu internasional yaitu sekretariat Tourism Promotion Organization (TPO) for Mayors in Asia Pasific Country beserta rombongan dari Korea Selatan," ungkapnya.

Kota Pariaman sebagai tuan rumah pada saat grand start, Sabtu (2/11) pagi, akan menampilkan kesenian khas Pariaman yaitu tari indang dan tari randai. Dengan banyak tamu yang hadir ini sekaligus bisa mempromosikan kembali pariwisata Kota Pariaman baik secara nasional maupun internasional.

“ TdS 2019 yang akan dihelat 2-9 November 2019 dan menjadi perhelatan TdS yang ke-11 kalinya di Provinsi Sumbar.  Kota Pariaman, dengan grand start pada tanggal 2 november dari Kota Pariaman menuju Kabupaten Tanah Datar," sambungnya.

Genius menambahkan, untuk Kota Pariaman sendiri sebelum peserta TdS 2019 memulai grand start, para pebalap sepeda terlebih dahulu akan melakukan route loop TdS 2019, yang akan dimulai dari Pantai Gandoriah - Hotel Nan Tongga, - Simpang Kampung Pondok - Simpang Tabuik - Simpang Sianik - Simpang Alai Gelombang - Simpang LLAJ - Simpang Taratak - Simpang Kampung Baru - Simpang Kampung Kaliang - Jembatan Muaro Sunur - Pantai Sunur - Pantai Kata - Finish Pantai Gandoriah.

Untuk route loop peserta pebalap sepeda ini juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Pariaman, dengan menikmati suasana pantai yang mereka lewati. Sekaligus bisa mendongrak dan mempromosikan pariwisata Kota Pariaman.

“ Sebanyak 200 pebalap dari 20 tim dengan 24 negara yang ikut TdS 2019. Sebagian atlet dan official akan menginap di Kota Pariaman dengan target sebesar 95 persen dengan menyediakan kamar hotel 500 kamar. Hal ini akan berdampak pada UKM Kota Pariaman yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” sambungnya.

Setelah kemaren telah melakukan cek rute, pada umumnya sudah bagus dan tidak masalah yang begitu berarti namun, secara keseluruhan rute sudah baik.

Untuk mendukung suksesnya TdS 2019, dari pihak keamanan baik Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP dan Damkar serta BPBD Kota Pariaman telah berkoordinasi bahwa pada saat grang opening akan mengerahkan sebanyak 240 personel gabungan dan pada saat grand start ada sebanyak 430 personel.

Agar jalannya TdS berjalan dengan lancar dan tidak menggangu aktivitas masyarakat, pihak Pemko Pariaman akan melakukan rekayasa lalu lintas jalur yang di lewati pebalap sehingga masyarakat bisa menikmati iven TdS yang bersifat internasional.

Harsyi


TerPopuler