Walikota Genius Umar Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Pariaman

Walikota Genius Umar Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Pariaman

Selasa, 22 Oktober 2019, 12.40.00
Walikota Pariaman Genius Umat Menjadi Inspektur Upacara Pada Hari Santri Nasional ( Fhoto : Harsyi Warsilah) 

PARIAMAN---Hari Santri Nasional Ke-V, tingkat Kota Pariaman selain diisi dengan Tablik Akbar juga digelar upacara bendera di halaman Balaikota Pariaman, Selasa (22/10/2019)

Pada upacara bendera  tersebut  bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Pariaman Genius Umar

Dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Kepala Pengadilan Agama Kota Pariaman, Damdim 0308 Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto, SKPD dilingkungan Kota Pariaman.

Walikota  Pariaman Genius Umar berharap santri atau pesantren yang telah mengambil peran yang besar sejak sebelum kemerdekaan pasca kemerdekaan.

Sekarang mengisi pembangunan karena itu santri hari santri berhubungan juga dengan visi misi kota Pariaman itu membangun kota Pariaman wisata tapi berbasis Islami,  ini peran ulama untuk mengisi kota pariaman SDM unggul khususnya di bidang sumber daya manusia di bidang keagamaan.

Genius Umar juga menyebutkan bahwa Pemko Pariaman telah menggalakan di setiap Desa/Kelurahan untuk melaksanakan kegiatan MDTA, MDTW dan MDTU, selain itu juga ada satu desa satu penyuluh agama, yang dikelola oleh Kemenag Kota Pariaman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Muhammad Nur menyampaikan peringatan hari santri adalah mengenang himbauan jihad KH HASYIM ASHARI pada tanggal 22 Oktober 1945 tentang jihad fardhu ain.

Bagi seluruh bangsa Indonesia dengan semangat itu maka gerakan arek arek suroboyo pada tanggal 10 November 1945 untuk mengusir Kolonial Belanda dan sekutu.

Menguatkan antar santri ponpes sekota Pariaman. Dengan beberapa kegiatan lomba untuk memotivasi prestasi bagi santri di kota Pariaman.

Kedepan jihad kita di kota Pariaman adalah memberdayakan masjid tidak hanya tempat ibadah tetapi tempat segala bentuk kegiatan umat mulai dari pendidikan sosial dan dakwah sampai kepada ekonomi umat. kalau dulu umat membangun masjid sekarang masjid membangun umat menjadi masjid paripurna.

Membangun pondok pesantren berstandar Nasional yang bekerjasama dengan ponpes Sulaimaniyah Turky sebagai lembaga respentatif untuk hafiz dan kader Ulama.

Harsyi Warsilah

TerPopuler