Wawako Mardison Mahyuddin Minta Lurah dan Kades Data Kembali Warganya Yang Belum Memiliki Dokumen Kependudukan

Wawako Mardison Mahyuddin Minta Lurah dan Kades Data Kembali Warganya Yang Belum Memiliki Dokumen Kependudukan

Kamis, 10 Oktober 2019, 15.22.00
Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin 

PARIAMAN---Dokumen Kependudukan seperti Akte Kelahiran, Akte Kematian, KK, KTP dan KIA merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang Warga Negara Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin saat membuka secara resmi acara sosialisasi peningkatan kepemimpinan dokumen kependudukan dan akte pencatatan sipil yang bertempat di Aula Joyo Makmur, Kamis (10/10/2019).

“ Administrasi kependudukan sangatlah penting sekali bagi setiap Warga Negara Indonesia, dimana  kita tinggal, dari mana asal dan kelompok keluarga harus terdata dengan jelas, akurat dan selengkapnya. Oleh karena itu Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman secara serius memberikan pengetahuan kepada warga Kota Pariaman agar mereka mengetahui seberapa pentingnya arti dokumen kependudukan, “ ungkapnya.

Saat ini mulai sejak lahir hingga dewasa nantinya kepengurusan sebuah dokumen kependudukan seperti akte dan KIA serta KTP tidak dipungut biaya meskipun utnuk kepengurusan akte kelahiran sudah lewat batas yang di tetapkan, ini bertujuan agar semua warga di Kota Pariaman terdata 100 % dan tidak ada lagi istilah luput dari pantauan pemerintah dan terabaikan.

“ Aparat desa adalah perpanjangan tangan dari pemeritah untuk mendata kembali apakah semua warga sudah memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, bila ditemui masih ada yang belum memiliki salah satu dokumen tersebut, diminta dengan cepat dibantu agar kepengurusannya cepat selesai, “ tambahnya.

Ia berharap kepada semua peserta agar mengikuti sosialisasi ini sampai tuntas sehingga nantinya bukan hanya sekedar selesai sosialisasi saja namun lebih memahami  pentingnya memiliki dokumen kependudukan.

Sementara itu Ketua Pelaksana Sosialisasi kepemilikan dokumen kependudukan dan pemanfaatan data Fauzan mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan peserta yang berbeda tiap harinya.

Untuk hari pertama dihadiri oleh Kasi Pemerintahan di Kecamatan, Kasi yang menangani adminitrasi kependudukan di Desa/Kelurahan serta OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“ Kita memang melaksanakan sosialisasi selama dua hari agar capaian kegiatan ini berhasil sehingga sosialisasi tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi semua peserta. Untuk hari kedua peserta dari kepala Sekolah/Guru SD, SMP dan SMA sederajat se Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan petugas Desa/Kelurahan akan permasalahan yang dihadapi khususnya tentang administrasi kependudukan dan mampu mensosialisasikan kembali kepada masyarakat dan siswa siswi disekaloh masing – masing akan pentingnya kepemilika dokumentasi kependudukan serta bisa memahami untuk proses pemanfaatan data kependudukan dengsn dilakukannya perjanjian kerjasama.

“ Sasaran kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman masyarakat Kota Pariaman melalui petugas Desa/Kelurahan se Kota Pariaman sehingga terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, “ tutupnya. (rel/Harsy)

TerPopuler