Wawako Mardison Mahyuddin Tegaskan Tidak Ingin PPID Mati Suri, Apalagi Mati Konyol

Wawako Mardison Mahyuddin Tegaskan Tidak Ingin PPID Mati Suri, Apalagi Mati Konyol

Senin, 04 November 2019, 15.13.00
Wakil Walikota Ketika Membuka Sosialisasi Penguatan Kelembagaan PPID Kota Pariaman ( Fhoto : Harsy Warsilah)

PARIAMAN----Keterbukaan informasi publik sangat penting, karena masyarakat ingin tahu apa yang dikerjakan Pemerintah Kota Pariaman.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Senin ( 04/11/2019), pada Sosialisasi kegiatan Penguatan Kelembagaan PPID Kota Pariaman, di aula Balaikota.

Menurut Mardison Mahyuddin, keterbukaan informasi publik tersebut diperkuat dengan Undang-undang Undang Nomor 14 Tahun 2008, semuanya sudah diatur dengan SK Walikota.

" Namun sayangnya sesuai dengan laporan Kepala Dinas Kominfo saat ini PPID mati suri. Ini adalah Pekerjaan Rumah yang harus dituntaskan sesegera mungkin," ungkap Mardison.

Menurut Mardison, mulai tahun ini tidak ada lagi mati suri apalagi mati konyol.

" Kita harus membukanya sesegera mungkin. Sehingga muda diakses masyarakat. Harus disiapkan anggaran dan Sumber Daya Manusianya," tambahnya

Setiap pejabat esolan 3  dan 4 beserta staff tidak ada lagi yang tidak bisa mempergunakan internet atau eletronik.

" Ini perkembangan zaman,  kadang-kadang  ada pejabat yang tidak bisa menfaatkan memakai lektop, komputer apalagi hp android ,  ini lah yang harus kita tingkatkan SDM-nya. Kita tingkatkan SDM sesuai dengan perkembangan zaman

Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini tentunya seluruh kepala OPD dan peserta akan bisa lebih memahami arti dari PPID, kemudian UUD No 14 tahun 2008.

" Ini  sangat srategis untuk diketahui masyarakat.Tidak ada kegiatan yang dirahasiakan

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Pariaman Hendri melaporkan,  sosialisasi PPID diikuti oleh 70 orang peserta dari seluruh OPD di Pemko Pariaman.

Nara Sumber Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi, Kementerian Dalam Negeri RI, Handayani Ningrum dan Komisioner Komisi Informasi Sumbar, Arfitrianti sebagai.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk meningkatkan pelayanan informasi dan dokumentasi pelayanan informasi Kota Pariaman dengan membangun koordinasi yang baik antara PPID pembantu di OPD dan PPID utama pada Diskominfo.

Kegiatan ini juga untuk mengumpulkan data informasi yang ada pada OPD sehingga sinergi antar pihak sangat penting untuk meningkatkan kualitas informasi.

Harsyi Warsilah

TerPopuler