Banyaknya Penangkapan Narkoba, Sistem Pengamanan Lapas Kelas II Pariaman Akan Ditingkatkan -->

Banyaknya Penangkapan Narkoba, Sistem Pengamanan Lapas Kelas II Pariaman Akan Ditingkatkan

Kamis, 23 Januari 2020, 18.12.00
Serahterima jabatan Kalapas Kelas II Pariaman. Fhoto : Harsy Warsilah

PARIAMAN,---Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II B Pariaman, akan ditingkatkan sistem pengamananya dan melakukan razia secara rutin di LP.

Karena banyak penangkapan narkoba di Kota Pariaman dengan alasan dikendalikan dari LP.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapas klas IIB Pariaman , Eddy Junaidi saat serah terima jabatan dari Kalapas lama Pudjiono Gunawan, di Lapas klas IIB Pariaman, Kamis (23/1/2020).

Persoalan narkoba di lapas itu tidak hanya di Pariaman saja, namun di Indonesia secara umum isu narkoba menjadi masalah nasional.

"Tidak bisa dipungkiri, sebagai orang baru disini tentu saya akan bekerja semaksimal mungkin berserta jajaran. Karena masalah narkoba ini tidak hanya di Pariaman saja, tetapi menyeluruh," kata Eddy.

Eddy menyampaikan kedepan pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Polres Pariaman, Polres Padang Pariaman, BNK dan BNP untuk memerangi peredaran Narkoba ini, baik itu dilapas ataupun diluar.

"Nah, khusus untuk peredaran narkoba di lapas kami akan memperketat pengaman dan melakukan razia secara rutin di Lapas," katanya.

Selain melakukan razia secara masif, tentunya perlu dukungan sarana yang memadai, dimana selama ini di Lapas Pariaman masih dilakukan dengan cara manual.

"Kemarin saya tugas di Lapas Cipinang saja kita sudah punya alat berupa x-ray maupun Body Scanner tapi itu juga masih kebobolan tentunya memang masalah keamanan khususnya penyelundupan narkoba di Lapas ini tidak akan berhasil kalau tidak didukung oleh komitmen daripada petugas Lapas itu sendiri," kata Eddy.

Jadi, untuk meminimalisir peredaran narkoba ini sangat dibutuhkan teknologi yang canggih, sehingga lebih masimal dalam pedeteksian narkoba itu sendiri.

Selain teknologi tentu perlujuga komitmen yang kuat dari seluruh petugas di Lapas.

"Untuk itu, dalam waktu dekat kami akan melakukan deklarasi kinerja untuk bersatu padu memerangi narkoba di Lapas," katanya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumbar, Suharman mengucapkan selamat kepada Kalapas yang baru, agar kedepan bisa menjalankan tugas dengan baik di Lapas Pariaman.

"Kami juga mengucapkan terimakasih dan selamat kepada pejabat yang lama, dan selamat dan sukses ditempat tugas yang baru," katanya.

Selanjutnya disampaikannya, tugas di Lapas perlu ada dukungan dari pihak eksternal seperti Pemerintah Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan pihak lainya.

"Disini kita juga perlu kerja sama dengan pihak Pemerintahan Kota dan Kabupaten. Karena bagaimanapun juga Warga Binaan yang ada disini merupakan warga Kota dan Kabupaten juga," ujarnya.

Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler