BRI Cabang Pariaman Sosialisasikan KUR Mikro dan Kecil Tahun 2020 -->

BRI Cabang Pariaman Sosialisasikan KUR Mikro dan Kecil Tahun 2020

Kamis, 30 Januari 2020, 16.27.00
BRI Cabang Pariaman Sosialisasikan KUR Mikro dan Kecil Tahun 2020. Fhoto : Desi

PARIAMAN---Untuk memperkuat dan membantu ekonomi rakyat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pariaman menggelar “Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan Kecil Tahun 2020”, di Aula Balaikota Pariaman Kamis (30/1/2020).

Acara dibuka secara resmi oleh Staff Ahli Walikota Pariaman Noviardi, SH, juga dihadiri oleh perwakilan dari DPMDes Kota Pariaman, Diskoperindagkop & UKM Kota Pariaman, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Camat, Lurah, Desa se-Kota Pariaman. Tampil sebagai narasumber adalah Pimpinan BRI Cabang Pariaman Puji Rustomo.

Dalam sambutannya Noviardi menyampaikan bahwa, KUR adalah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada UMKM, salah satu syaratnya adalah usaha tersebut memiliki kelayakan, potensi, prospek bisnis yang baik, dan mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman.

“KUR sebagai Program Pemerintah dalam hal pengembangan dan Pemberdayaan  UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dimana UMKM memiliki peran dan kontribusi penting dalam perekonomian sehingga mendorong Pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM lewat KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini,”tutur Noviardi.

“Semoga kedepannya BRI Pariaman dibawah kepemimpinan Puji Rustomo UMKM di Kota Pariaman ini semakin meningkat, sekaligus saya sampaikan ucapan maaf dari Walikota Pariaman tidak bisa  menghadiri acara ini karena beliau saat ini tengah berada di Tanah Datar untuk memberikan bantuan untuk korban bencana disana bersama dengan Kepala OPD lainnya,”jelas Staff Ahli yang juga merupakan Asisten I Walikota Pariaman

Menurut Kepala BRI Cabang Pariaman Puji Rustomo dalam arahannya, kegiatan sosialisasi KUR ini merupakan program pemerintah yang memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkuat usaha melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak di berbagai sektor

“Pada akhir Desember 2019 BRI Cabang Pariaman sudah menyalurkan dana KUR sudah tersalurkan kepada nasabah sebesar 15.546 orang dengan dana 388 M, yang dananya bersumber dari hasil penggalangan dana dari pihak ketiga dalam hal ini murni dari hasil tabungan masyarakat yang ada di Kota Pariaman,”ungkapnya.

Untuk tahun 2020, BRI akan hadir dengan program barunya yang bernama KECE ( Kredit Cepat), maksudnya dari kredit cepat ini adalah memberikan pinjaman kepada masyarakat yang mempunyai usaha tapi tidak mempunyai anggunan dengan sistem pembayaran bisa dilakukan dengan membayar mingguan atau bulanan," ujar Puji Rustomo.

Dia berharap, semoga maksud dan tujuan dari sosialisasi ini bisa tersampaikan kepada masyarakat melalui Kepala Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Pariaman

Dengan cara memberikan informasi kepada warga bahwa dengan adanya program KUR ini warga dapat mengembangkan lagi unit usahanya

Kemudian juga untuk memberikan informasi persyaratan yang harus dipenuhi warga untuk mengambil dana KUR ini agar beban usaha mereka akan menjadi lebih ringan. (Desi/Harsy)

TerPopuler