Jaga Kesehatan Masyarakat, Pemko Pariaman Jalin Kerjasama Dengan BBPOM

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin Bersama BBPOM Padang. Fhoto : Rika

PARIAMAN--- Pemerintah Kota Pariaman akan jalin kerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Provinsi Sumbar.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyambut baik kunjungan tersebut dan diterima langsung di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Mardison Mahyuddin  mengatakan,  selain untuk bersilaturahmi, sekaligus untuk membicarakan tentang kerjasama dan melakukan kesepakatan antara Pemko Pariaman dengan BBPOM Padang.

“ Kerjasama ini akan dilaksanakan dan akan kita perbanyak pemeriksaan makanan dan kuliner-kuliner yang mungkin akan membahayakan kesehatan, sehingga  masyarakat Kota Pariaman bersih dari segala bahan-bahan makanan yang merusak tubuh generasi muda Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Menurut Mardison, setelah kerjasama tersebut terlaksana, kemudian akan turun ke desa-desa, sekolah-sekolah maupun kantor-kantor dan melihat seluruh makanan maupun kuliner, akan diperiksa seluruhnya agar bersih dan terbebas dari zat-zat yang akan membahayakan tubuh.

Sementara itu, Kepala BBPOM Padang Martin Suhendri  mengungkapkan, sesuai dengan implementasi instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas dan Penguatan Pengawasan Obat dan Makanan

Serta Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan dimasing-masing daerah.

BBPOM Padang menindaklanjuti dengan menjalin kerjasama dengan Pemko Pariaman. Walaupun tiga tahun sebelumnya sudah dilaksanakan, namun akan memperbaharui MoU.

“ Untuk itu kami ingin menindaklanjuti kerjasama ini dan membuat kembali serta memperbaharui MoU yang sebelumnya tiga tahun yang lalu sudah melakukan kerjasama bersama Kepala BBPOM yang lama “, katanya.

Dengan perkembangan zaman, nantinya dilihat kebutuhan dari Pemko Pariaman sendiri yang harus ditambahkan, seperti adanya pangan-pangan atau jajanan anak sekolah, makanan kuliner yang ada di sepanjang Pantai Gandoriah dan kuliner khas dari Kota Pariaman lainnya.

“ Oleh sebab itu, semuanya harus kita kawal agar makanan tersebut aman dikonsumsi.  Dan sekaligus untuk melindungi masyarakat Kota Pariaman,  dan mohon kepada masyarakat Kota Pariaman untuk mendukung program keamanan obat dan makanan yang ada di Kota Pariaman,“tambahnya.
(Rika/Harsy)
Diberdayakan oleh Blogger.