KPU Padang Pariaman Gandeng BATAJAU SENI PIAMAN, Sosialisasikan Pilkada Serentak Tahun 2020

KPU Padang Pariaman Gandeng BATAJAU SENI PIAMAN, Sosialisasikan Pilkada Serentak Tahun 2020

Jumat, 03 Januari 2020, 06.30.00
KPU Padang Pariaman Rapat Bersama Tim Batajau Seni Piaman. Fhoto : Yahya

PARITMALINTANG---Keterlibatan seniman dalam sosialisasi Pilkada kiranya menjadi perhatian kusus bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman.

Betapa tidak, seniman merupakan pihak yang dipercaya dapat menyampaikan pesan demokrasi lewat karyanya.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi pada pertemuan dengan seniman yang tergabung dalam Forum Batajau Seni Piaman berlangsung di pendopo Sanggar Umbuik Mudo Sungai Asam tersebut, Padang Pariaman Jum'at  (03/01/2020)

Ia mengatakan pihaknya sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan Forum Batajau Seni Piaman dalam mengelola dan mengisi ivent-ivent sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman pada 23 September 2020 mendatang.

"Saat ini kita perlu fokus pad persoalan penanaman nilai demokrasi terhadap masyarakat. Politik yang sehat berawal dari pemilu yang berkualitas. Soal kesadaran publik begitu bearti dalam menjaga nilai-nilai tersebut,"
ungkapnya.

 Untuk itu, para seniman didorong untuk melahirkan karya-karya yang dapat mengedukasi masyarakat untuk menjaga demokrasi, menjadi pemilih yang cerdas serta membangun kesadaran anak muda untuk turut berkontribusi bagi Pilkada.

Zulnaidi kembali menyampaikan pelaku politik saat ini sangat rentan akan konflik karena belum dewasanya mereka yang berkepentingan dengan politik praktis.

Karena itu, konstituen harus senantiasa diingatkan untuk menjaga situasi agar tetap kondusif sehingga proses demokrasi berjalan dengan mulus. Harapnya mengakhiri

Sementara itu,  Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Muhammad Fadhli  yang lebih akrab dikenal Ajo Wayoik menyambut baik antusias KPU Padang Pariaman ini.

Menurutnya, KPU memang tidak mungkin bekerja sendiri jika tidak disokong oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk para seniman.

"Kami sendiri di Forum Batajau Seni Piaman sudah berupaya untuk menjaga situasi agar tetap kondusif menjelang Pilkada 2020. Kami tetap bersikap netral pada setiap ivent, supaya masyarakat tidak terbelah oleh kepentingan-kepentingan politik yang kian rentan memicu perselisihan di tingkat bawah," imbuhnya

Apresiasi dan kepercayaan KPU Padang Pariaman untuk merangkul para penggerak Forum Batajau Seni Piaman dalam rangka menyosialisasikan agenda serta membangun kesadaran berdemokrasi di tengah masyarakat, menurut Ajo Wayoik adalah bukti bahwa para penyelenggara pemilu di daerah ini telah mulai membawa demokrasi pada kesejatiannya.

"Sejatinya demokrasi adalah milik masyarakat banyak. Seperti juga seni dan budaya yang lahir, tumbuh dan terpelihara oleh ekosistem sosial yang ada di sekitarnya," katanya.

Ke depan, harapnya wujud kerjasama KPU Padang Pariaman dengan Forum Batajau Seni Piaman akan diarahkan pada penggarapan ivent, sebagai salah satu gawai organisasi yang sudah memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat selama setahun ini.

Pewarta : Yahya

TerPopuler