Anggota Dewan Pendidikan Kota Pariaman Raih Gelar Profesor Di UNP Padang -->

Anggota Dewan Pendidikan Kota Pariaman Raih Gelar Profesor Di UNP Padang

Rabu, 26 Februari 2020, 16.15.00

 


PARIAMAN - Dunia pendidikan Sumatera Barat kembali melahirkan seorang profesor baru di bidang pendidikan.


Dia adalah Prof. Dr. Dedi Hermon, M.P, yang merupakan salah seorang anggota Dewan Pendidikan Kota Pariaman yang dilantik Genius Umar pada Senin (20/5/2019) untuk periode 2019-2024.


Prof. Dedi Hermon ditetapkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Geografi Kebencanaan dengan berdasarkan SK Mendikbud RI nomor 147137/MPK/KP/2019, tertanggal 17 Desember 2019 melalui Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (UNP), dengan angka kredit sebesar 866,10.


Sebagai pemerhati dunia pendidikan, Prof. Dedi Hermon berniat mengembangkan ilmu yang ia dapat yakni Ilmu Geografi Mitigasi Kebencanaan untuk mengusulkan kepada Pemerintah Kota Pariaman untuk memasukkan kedalam kurikulum sekolah pada SD dan SMP se-Kota Pariaman.


“ Hal ini disebabkan pada umumnya sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman itu berada di pesisir pantai barat Pulau Sumatera dan rawan terhadap bencana, dan perlu mitigasi kebencanaan dimasukkan kedalam kurikulum sekolah,” ujar Prof. Dedi Hermon ketika dihubungi Tim MC Kota Pariaman, Rabu (26/2).


Lebih lanjut, menurut Prof. Dedi Hermon, jika hal ini sudah dikenalkan dan diajarkan melalui kurikulum sekolah terhadap para anak didik SD dan SMP, maka setiap siswa akan paham, mengerti dan mengetahui tentang perihal apa saja yang harus ia lakukan ketika terjadi sebuah bencana.


Kurikulum yang diusulkan Prof. Dedi Hermon tersebut ialah kurikulum mitigasi bencana berdasarkan penguatan sosial budaya.


Para siswa, imbuh Prof. Dedi Hermon lagi, juga mampu mensosialisasikan, memberitahu kepada teman dan keluarganya akan upaya perlindungan dan bersikap saat terjadinya bencana sehingga mampu menciptakan proses belajar mengajar yang nyaman dan tidak was-was lagi dalam proses belajar di sekolah.


“ Setidaknya untuk siswa itu sendiri, karena dengan sudah ia mengetahui tentang mitigasi bencana ini, membuat dirinya lebih nyaman, lebih terkontrol dalam kesiapsiagaan menghadapi terjadinya bencana,” ujar Prof. Dedi Hermon.


Ia juga ucapkan terima kasih kepada Walikota Pariaman Genius Umar, atas dorongan semangat dan bantuan Pak Wako itu ia mampu meraih gelar Profesor ini.

TerPopuler