Ketersediaan Pangan di Kota Pariaman Ditengah Mewabahnya Covid-19, Satu Bulan Kedepan Masih Aman

Ketersediaan Pangan di Kota Pariaman Ditengah Mewabahnya Covid-19, Satu Bulan Kedepan Masih Aman

Selasa, 31 Maret 2020, 19.30.00
Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit. Fhoto : Junaidi

PARIAMAN---Dalam menghadapi ketersediaan pangan ditengah mewabahnya COVID-19 di beberapa daerah di Indonesia.

Untuk Kota Pariaman menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop & UKM) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, stok bahan pangan selama satu bulan kedepan masih terbilang aman.

“Setelah kita cek ke lapangan, untuk stok bahan makanan yang ada dijual oleh para pedagang kita di pasar, masih terbilang aman sampai akhir April 2020, karena kita tidak menutup pasar sebagai perputaran ekonomi masyarakat dan ketersediaan bahan pangan di Kota Pariaman ini,” ujarnya ketika dihubungi via telfon di kantornya, Selasa (31/3/2020).

Untuk harga-harga bahan kebutuhan pokok pun, di pasar Pariaman masih terbilang stabil, belum terjadi kenaikan yang cukup signifikan.

“Dari pantauan kami, harga masih terbilang stabil, walaupun ada bahan pokok yang naik seperti gula, tetapi tidak naik secara drastis, dan juga barangnya pun masih tersedia cukup untuk masyarakat,” ucapnya

Menghadapi kekhawatiran akan terjadinya panic buying di tengah masyarakat terkait virus corona, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat tidak panik dan membeli kebutuhan bahan pangan secara berlebihan.

“Kita himbau masyarakat tidak panik dengan situasi kepanikan masyarakat akan perkembangan virus corona ini, jadi tetap belanja seperti biasa, karena stok kita cukup untuk bulan April kedepan,” tukasnya.

“Kita juga mengantisipasi nantinya bila terjadi kelangkaan bahan pangan dengan mengadakan operasi pasar, tetapi dengan COVID-19 ini, tentu kita akan siapkan mekanisme bagaimana penerapan dan pembagianya untuk masyarakat, supaya tidak menimbulkan keramaian,” tutupnya. (J/Harsy)

TerPopuler